Selasa 19 Jul 2022 14:10 WIB

Kenali Gejala Penyakit Hati yang tidak Boleh Diabaikan

Penyakit yang menyerang hati bisa berbahaya apabila dibiarkan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Penyakit yang menyerang hati bisa berbahaya apabila dibiarkan.
Foto: Health
Penyakit yang menyerang hati bisa berbahaya apabila dibiarkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa jenis penyakit hati, seperti sirosis, Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, perlemakan hati (fatty liver) dan kanker hati. Ragam penyakit hati bisa berbahaya jika dibiarkan. Karena itu, kenali gejala penyakit hati berikut ini, dilansir dari BestLife, Selasa (19/7/2022).

 

Baca Juga

Mual

Kondisi adenoma hati (adenoma sel hati atau adenoma hepatoseluler) menunjukkan hati memiliki tumor jinak. Tumor jinak tidak bersifat kanker. Mual dan sakit perut dapat terjadi jika tumor adenoma hati telah tumbuh cukup besar sehingga menekan bagian lain dari tubuh Anda, seperti organ yang dekat dengan hati Anda.

 

 

Kabut memori

Menurut Mayo Clinic, kabut memori bisa menjadi tanda peringatan dari kondisi terkait hati yang disebut hemokromatosis herediter.

 

Penyakit kuning

Steatohepatitis nonalkohol atau NASH, ditandai dengan peradangan hati dan sel-sel hati yang terluka, di samping penumpukan lemak di organ. Tanda bahaya utama NASH adalah mata dan kulit seseorang menjadi menguning atau penyakit kuning. Ini adalah tanda bahwa pigmen yang memberi warna kuning kemerahan pada darah dan hati Anda berada dalam konsentrasi yang lebih tinggi dari biasanya, yang mempengaruhi, misalnya, bagian putih mata Anda.

 

Masalah pernapasan

Hati membuat protein yang disebut Alpha-1-antitrypsin (AAT) yang penting bagi paru-paru. Jika seseorang dilahirkan dengan gen abnormal tertentu, hati mereka mungkin membuat lebih sedikit AAT, membuat jaringan paru-paru lebih rentan terhadap kerusakan oleh sistem kekebalan.

 

Sakit perut

Gejala khas untuk kondisi masalah hati adalah nyeri di perut.

 

Perubahan warna feses dan urin

Salah satu gejala dari jenis infeksi hati Hepatitis B adalah urin berwarna gelap. Selain itu, jika tinja Anda berwarna sama dengan tanah liat, itu juga bisa menunjukkan infeksi hepatitis B.

 

Masalah dengan sendi

Salah satu gejala yang mungkin timbul pada hepatitis C adalah nyeri pada persendian.

 

Kehilangan selera makan

Kehilangan nafsu makan merupakan salah satu gejala dari masalah hati. 

 

Pembengkakan

Salah satu kemungkinan tanda sirosis adalah kondisi yang disebut edema. Ketika ini terjadi, cairan menumpuk di berbagai bagian tubuh yang menyebabkan pembengkakan. Dalam kasus sirosis, seseorang mungkin mengalami akumulasi cairan di kaki, pergelangan kaki, dan bagian bawah kaki mereka. Selain edema, luka pada hati juga dapat menyebabkan asites, ketika ada akumulasi cairan yang menyebabkan pembengkakan di perut.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement