Senin 18 Jul 2022 00:30 WIB

Buah Sirsak Digadang Bermanfaat untuk Pengobatan Kanker, Faktanya?

Sirsak terkenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pekerja menyusun buah sirsak atau durian belanda (Annona muricata) untuk ekspor. Buah sirsak memiliki potensi manfaat untuk pengobatan kanker. Namun, mengingat belum adanya bukti ilmiah yang kuat untuk menjamin efikasi dan keamanannya, peneliti menganjurkan agar masyarakat tak bergantung pada sirsak untuk mengobati kanker.
Foto:

Berdasarkan studi tersebut, ekstrak sirsak dinilai dapat menjadi kandidat pengobatan kanker yang menjanjikan, terlebih untuk kanker payudara. Oleh karena itu, tim peneliti mendorong adanya penelitian lebih lanjut terhadap ekstrak sirsak untuk terapi kanker.

Meski menjanjikan, penelitian terkait manfaat sirsak untuk pengobatan atau pencegahan kanker pada manusia masih sangat minim. Selain itu, para peneliti juga memiliki kekhawatiran terkait efek samping yang mungkin disebabkan oleh senyawa yang diekstraksi dari sirsak.

"Beberapa studi mengindikasikan bahwa zat kimia dari buah (sirsak) itu bisa menyebabkan perubahan saraf dan gangguan pergerakan. Perubahan saraf bisa memicu gejala seperti penyakit Parkinson," jelas Cancer Research UK.

Mengingat belum adanya bukti ilmiah yang kuat untuk menjamin efikasi dan keamanannya, peneliti menganjurkan agar masyarakat tak bergantung pada sirsak untuk mengobati kanker. Peneliti juga tak menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi sirsak dengan tujuan untuk mencegah kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement