Ahad 17 Jul 2022 13:00 WIB

4 Dampak Kesehatan Tidur dengan Kipas Angin Menyala Sepanjang Malam

Kipas angin dapat membantu menyejukkan udara, tetapi ada dampak negatifnya juga.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kipas angin. Tidur dengan kipas angin menyala sepanjang malam ada dampak negatifnya juga bagi kesehatan.
Foto:

3. Bikin tersumbat

Kipas angin yang dinyalakan sepanjang malam juga bisa memicu penyumbatan. Itu terjadi ketika terjadi kekeringan di area hidung, mulut dan tenggorokan.

Tubuh mungkin akan meresponsnya dengan menambah produksi lendir. Persoalannya, kelebihan produksi lendir bisa menghalangi saluran hidung dan menyebabkan sinusitis, sakit kepala sinus, hidung tersumbat, dan mendengkur.

4. Otot kaku dan pegal

Kipas angin juga bisa menyebabkan otot kaku dan pegal karena pengaruh udara dingin. Menurut Lapp, udara dingin yang terkonsentrasi dari kipas yang langsung mengenai tubuh bisa menyebabkan otot terasa kaku dan nyeri.

"Jika Anda tidur dengan kipas angin di dekat wajah, Anda bisa bangun dengan keadaan leher terasa kaku dan sakit. Ini karena udara dingin secara tidak sengaja menyebabkan kontraksi otot, yang berarti otot Anda tegang dan kram," jelas dia.

Jadi meskipun menggunakan kipas angin dapat mengurangi rasa berkeringat yang disebabkan oleh suhu panas, hal itu dapat memberikan lebih banyak ketidaknyamanan daripada meredakannya. Cara lain untuk tetap nyaman semalaman tanpa kipas angin menurut Lapp antara lain menggunakan kasur yang sejuk, mengenakan pakaian yang tipis, ganti tirai menjadi terang, mandi air hangat atau mandi sebelum tidur, memasukkan seprai ke dalam freezer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement