Selasa 12 Jul 2022 00:30 WIB

Gejala Emboli Kolesterol Bisa Terasa di Kaki, Bisa Fatal Jika Diabaikan

Kolesterol tinggi dan tak terkendali bisa picu beragam masalah kesehatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (ilustrasi). Emboli kolesterol bisa terjadi dan tandanya dapat terlihat di kaki. Kondisi ini mengakibatkan konsekuensi fatal apabila tidak ditangani.
Foto:

Karena kolesterol cenderung menjadi penanda aterosklerosis, kondisi ini dapat dengan mudah dihindari dengan melakukan perubahan pola makan yang tepat. Diet sehat yang kaya akan makanan padat nutrisi dianggap dapat mengurangi risiko penyumbatan arteri.
 
photo
Kolesterol. - (Republika)
 

Ada bukti ilmiah bahwa konsumsi aneka sayuran hijau, ikan, beri, gandum, dan kacang-kacangan sangat membantu pencegahan penyumbatan itu. Deretan makanan tersebut berinteraksi dengan kolesterol dengan cara mencegah penyerapannya atau menyeret molekul lemak dari saluran pencernaan.

 

Pusat Medis Universitas Rochester merekomendasikan makan sehat ditambah dengan olahraga teratur. Langkah-langkah gaya hidup sehat itu dapat membuat perbedaan signifikan pada tingkat plak yang berkembang di dalam arteri.

 

"Latihan aerobik secara teratur dapat membantu melawan aterosklerosis dengan mengurangi jumlah lemak dalam darah, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta mengendalikan berat badan. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Jalan cepat, berenang, dan bersepeda adalah pilihan yang baik," demikian pernyataan pusat medis tersebut, dikutip dari laman Express, Senin (11/7/2022).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement