Ahad 10 Jul 2022 08:36 WIB

Profil Yeri Red Velvet, Maknae Cantik yang Andal Akting dan Mencipta Lagu

Setelah Seulgi, Wendy, dan Joy Red Velvet. Sekarang saatnya Cermati mengupas tuntas profil dan fakta Yeri Red Velvet, sosok kaya raya yang dermawan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Profil Yeri Red Velvet, Maknae Cantik yang Andal Akting dan Mencipta Lagu
Profil Yeri Red Velvet, Maknae Cantik yang Andal Akting dan Mencipta Lagu

Nama Kim Ye Rim alias Yeri dikenal sebagai member Red Velvet, aktris, dan juga pembawa acara Korea Selatan. Selain itu, wanita kelahiran Seoul, 5 Maret 1999 ini juga merupakan rapper, vokalis, maknae, serta pencipta lagu dari Red Velvet. Girlband yang telah mendunia sejak tahun 2014 lalu. 

Tak hanya menjadi member termuda, pada tahun 2015 Yeri diperkenalkan sebagai personil tambahan dari formasi Red Velvet yang tadinya hanya berempat. Bersama Irene, Kang Seul Gi, Joy, dan Wendy, Yeri telah meraih sukses besar dengan sejumlah hits andalan. Seperti Russian Roulette, Queendom, Ice Cream Cake, Bad Boy, dan lainnya.

Brand ambassador dari AprilSkin ini lantas mulai melebarkan sayapnya ke ranah akting hingga menjadi host tersohor. Pada bulan Maret 2019, ia juga merilis Dear Diary yang menjadi single pertamanya bersolo karier. Dari sepak terjangnya bersama Red Velvet, Yeri berhasil meraih kekayaan sebesar 2 juta Dollar AS (lebih dari Rp28 miliar).

Baca Juga: Jadi Member Paling Tajir, Begini Sepak Terjang Joy Red Velvet di Panggung Hiburan

Biodata Yeri Red Velvet

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Yeri (@yerimiese)

Sebelum akhirnya menapaki karier yang cemerlang bersama Irene dkk, orang-orang mengenal Yeri Red Velvet sebagai juara kelas. Ya, tak hanya cantik rupawan, wanita yang kerap dipanggil Katy ini juga berotak cerdas.

Ia pun lantas mengikuti SM Global Auditions yang dihelat pada tahun 2011. Di usia 12 tahun, Yeri sudah mulai berlatih di SM Entertainment. Meski begitu, ketika itu ia masih menimba ilmu di Hanlim Multi Art School hingga akhirnya lulus di tahun 2018.

Walaupun masih sekolah, namun putri sulung dengan tiga orang adik perempuan ini bertekun selama empat tahun sebagai trainee. Belakangan, ia pun didapuk menjadi member tambahan dari Red Velvet yang sebelumnya telah melakukan debut perdananya di tahun 2014.

Kendati sempat mendapat komentar tak sedap dari para haters, namun Yeri dengan segala kualitas dan kompetensinya telah membuktikan dirinya memang patut menjadi idola. Kini, ia pun bersinar tak hanya dengan Red Velvet, tapi juga sebagai artis di berbagai kesempatan.

Kantongi Beragam Penghargaan

Yeri bersama Red Velvet telah menelurkan begitu banyak karya yang diapresiasi. Semakin eksis, mereka pun semakin rajin membawa pulang berbagai trofi bergengsi. Di antaranya ialah New Artist Award dari Seoul Music Awards dan Best Dance Performance (Female Group) versi Mnet Asian Music Awards di tahun 2015.

Red Velvet juga berhasil kantongi Hot Performance of the Year dari Gaon Chart K-Pop Awards 2016. Kemudian di tahun 2017, mereka memenangkan Summer Queens of the Year versi Sports Dong Awards serta Music of the Year dari Soribada Best K-Music Awards

Masih di tahun 2017, mereka lantas meraih Best Female Group dari Korean Entertainment Art Awards. Selanjutnya, di tahun 2018 Red Velvet kembali meraih dua penghargaan. 

Tak hanya mendapatkan Artist of the Year dari Korean Entertainment Producer Association Awards. Mereka juga memenangkan New Hallyu Artist Award versi Soribada Best K-Music Awards.

Di tahun 2019, Red Velvet lagi-lagi kembali memenangkan Best Female Group versi Korean Entertainment Art Awards. Selain itu, mereka juga meraih Artist of the Year (Bonsang) dari The Fact Music Awards. Hingga pada tahun 2020, Red Velvet mengantongi Music of the Year dari Soribada Best K-Music Awards.

Meraih Sukses dalam Seni Peran

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Yeri (@yerimiese)

Menjajal dunia akting, Yeri Red Velvet juga aktif sebagai aktris dengan kemampuan yang unggul. Ia pertama tampil di dalam film dokumenter SM Town, SMTown: The Stage (2015), sebagai dirinya sendiri.

Wanita yang hobinya membaca, makan, dan menonton ini juga bermain di sejumlah serial drama televisi. Di tahun 2016, ia muncul sebagai cameo dalam Descendants of the Sun.

Selain itu, Yeri juga pernah menjadi dubber untuk tokoh Kim-Petit dalam film animasi yang berjudul Trolls World Tour (2020). Kemudian ia kembali berperan sebagai Hong Chaeri dalam Drama Stage – Mint Condition (2021) yang tayang di tvN.

Selanjutnya Yeri juga unjuk gigi berakting dalam Blue Birthday di tahun 2021. Dalam web drama tersebut, ia berperan sebagai tokoh utama bernama Oh Harin. Yeri lantas dipercaya untuk menyanyikan ulang lagu It’s You (OST. Blue Birthday) yang awalnya telah dibawakan oleh Colde.

Berkiprah Sebagai Pembawa Acara

Tak hanya eksis berakting untuk serial drama televisi. Yeri Red Velvet juga hadir dalam berbagai variety show. Pada tahun 2015, Yeri menjadi co-host Show! Music Core yang ditayangkan MBC.

Memasuki 2016, Yeri memandu sebuah web show bertajuk The Viewable SM. Kemudian ia menjadi cast member dalam Secret Unnie (2018) yang tayang di layar kaca. Adapun di tahun 2019, Yeri ikut hadir dalam Law of the Jungle in Thailand yang diputar di saluran SBS.

Beralih ke tahun 2020, Yeri kembali membawakan web show yang tayang di YouTube, Yeri’s Room. Acara tersebut dibuat dalam format talk show dan juga web variety garapan Dum Dum Studio’s Channel.

Luncurkan Berbagai Karya Solo dan Kolaborasi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Yeri (@yerimiese)

Selain eksis bersama Red Velvet, Yeri juga sempat merilis single berjudul Hair in the Air di tahun 2018. Single tersebut merupakan hasil kolaborasi yang dilakukannya bersama Renjun, Jaemin dan Jeno NCT Dream. 

Selang setahun setelahnya, Yeri lantas mengeluarkan single untuk solo kariernya, yaitu Dear Diary (2019). Tak tanggung-tanggung, ia menjadi pencipta sekaligus composer/ arranger dari lagunya itu. 

Di tahun tersebut, Yeri featuring GIANT PINK juga mengeluarkan Tuesday Is Better Than Monday. Adapun bersama Babylon, I’ll Be Your Warmth diluncurkan ke pasaran di tahun yang sama. Lagi-lagi, Yeri ikut berpartisipasi dalam penciptaan single ini.

Tak berhenti di situ, di tahun 2020, si penyuka Hello Kitty ini kembali disibukkan dengan project kerja sama lainnya. Menggandeng Jeon Woong dan Ravi, Woman on the Beach pun rilis di tahun itu.

Masih di tahun yang sama, wanita yang kerap dijuluki social butterfly ini menjalin kerja sama dengan Kim Woo Seok dan Ravi. Mereka lantas mengeluarkan hits berikutnya yang berjudul Sorrow.

Baca Juga: Profil Wendy Red Velvet, Pernah Gagal Audisi hingga Tak Direstui Jadi Idol

Andal Menulis Lagu-Lagu Hits

Yeri tak hanya andal bernyanyi, menari, berakting, dan membawakan acara. Bakatnya sebagai penulis lagu juga diakui lantaran mengundang penikmat musik untuk berdecak kagum.

Mengenai kelihaiannya mencipta lagu, Yeri mengaku bahwa dirinya terinspirasi dari kedua idolanya, Ariana Grande dan IU. Yeri mengungkapkan, ia mempelajari penulisan lagu dari kedua diva tersebut.

Selain itu, ia juga memanfaatkan kegemarannya membaca buku untuk menulis lagu. Berbagai bahan yang dibaca kemudian memberikannya gagasan untuk berkarya selaku song writer. 

Selain berbagai karya lainnya, Yeri juga telah menulis lagu Story (2017) yang dibawakan oleh Ragoon serta 1000 (2018) yang menjadi single Yeri sendiri. Ia kemudian bekerja sama dengan Irene dalam menulis Red Flavor. 

Kerennya lagi, Yeri bersama Wendy pun ikut mencipta Close To Me versi Korea yang dibawakan featuring Diplo dan Ellie Goulding.

Fakta Yeri Red Velvet

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Yeri (@yerimiese)

Tak hanya multitalenta dan berparas cantik, Yeri juga rupanya berhati dermawan. Kilas balik ke tahun 2020 lalu, sang idol telah menyumbangkan 10 juta Won kepada Community Chest of Korea. 

Dana tersebut ia donasikan sebagai bantuan bagi mereka yang terdampak oleh pandemi Covid-19 di Negeri Ginseng. Kemudian di bulan Maret 2021, Yeri kembali merogoh kocek sebesar 10 juta Won untuk didonasikan kepada Jusarang Community (Babybox). Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-22, Yeri mengucurkan dana tersebut sebagai bantuan bagi keluarga dengan ibu tunggal yang memiliki bayi kecil. 

Jusarang Community (Babybox) dikenal sebagai organisasi yang tak hanya menyelamatkan bayi-bayi yang terlantar. Badan organisasi tersebut juga membantu memberikan perlindungan serta konseling untuk para ibu tunggal. Selain itu, Jusarang Community (Babybox) memberikan sokongan finansial yang notabene dibutuhkan oleh keluarga yang kurang beruntung. 

Kepada publik, Yeri menuturkan dirinya ingin memberikan bantuan kepada keluarga single parent dan balita yang membutuhkan. Ia juga tergerak untuk membantu mereka yang tertimpa kesulitan akibat meradangnya pandemi di seluruh dunia. 

Tindakan tersebut dilakukannya lantaran Yeri ingin membalas kasih sayang dan berkat berlimpah yang telah diterimanya selama ini. 

Panutan Body Goals Para Reveluv

Walaupun mempunyai kegiatan segudang, namun Yeri Red Velvet tak pernah lupa untuk menjaga kesehatan. Mempunyai tubuh yang indah dan bugar, ternyata Yeri suka pilates.

Untuk menjaga bentuk tubuhnya, Yeri tidak melakukan diet ketat. Sebaliknya, ia memilih mengonsumsi menu makanan yang sehat dan bergizi. Salah satunya seperti sushi vegan. Alhasil, ia pun selalu menjadi panutan body goals bagi para fans setianya.

Baca Juga: Tak Semulus yang Terlihat, Begini Perjuangan Seulgi Red Velvet Meraih Impiannya

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement