Ahad 26 Jun 2022 23:25 WIB

Terapi Ini Bantu Maksimalkan Keberhasilan Program Bayi Tabung

Tidak semua program bayi tabung bisa berhasil, tapi upayanya bisa dimaksimalkan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen (Ilustrasi). Terapi adjuvan dapat membantu keberhasilan program bayi tabung.
Foto:

Dalam merencanakan kehamilan, vitamin C atau asam askorbat merupakan zat gizi penting yang dibutuhkan karena berperan penting terhadap kesuburan laki-laki dan perempuan. Vitamin C ini terbukti meningkatkan hormon progestron sehingga dapat memperbaiki kesuburan baik pada calon ayah dan ibu.

Semua vitamin tersebut menjadi bagian dari terapi adjuvan reproduksi dan platelet rich plasma (PRP) endometrium. Platelet rich plasma (PRP) endometrium adalah pengobatan untuk endometrium tipis dengan memasukkan cairan PRP ke dalam rahim.

PRP adalah plasma darah yang telah kaya akan trombosit, terdiri dari plasma darah mengandung air dan protein serta trombosit yang berfungsi untuk membekukan darah dan proses penyembuhan. PRP mengandung growth factor yang membantu regenerasi jaringan.

"PRP endometrium digunakan untuk mempertebal endometrium pada pasien yang mengikuti program transfer embrio beku (frozen embryo transfer) supaya meningkatkan peluang keberhasilan pada program  bayi tabung (IVF)," jelas dr Ivan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement