Jumat 24 Jun 2022 05:00 WIB

Jenis Sayuran Ini Berhubungan Signifikan dengan Kanker Perut

Angka kanker perut tetap tinggi pada populasi Jepang dan Korea yang gemar sayur.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penjual acar sayur. Konsumsi acar sayuran dalam jumlah tinggi dapat tingkatkan risiko kanker lambung.
Foto:

Tinjauan mencakup delapan studi tentang konsumsi sayuran segar dan 14 studi tentang konsumsi acar sayuran yang berhubungan dengan risiko kanker perut. Empat studi yang mengeksplorasi perbedaan risiko kanker perut pada lelaki dan perempuan dipertimbangkan secara terpisah.

"Kami mengamati bahwa asupan tinggi sayuran segar secara signifikan terkait dengan penurunan risiko kanker lambung, tetapi asupan tinggi sayuran acar secara signifikan terkait dengan peningkatan risiko," ujar peneliti dalam studinya, dikutip dari laman Express, Kamis (23/6/20222).

Hasil studi telah diterbitkan dalam jurnal Cancer Science. Para peneliti menyarankan sayuran acar tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus-menerus untuk mengurangi risiko kanker perut atau kanker lambung.

Para ilmuwan meyakini bahwa peningkatan risiko kanker perut dari makanan tersebut karena proses pengawetan dengan garam. Selama proses pengawetan, garam meresap ke dalam makanan dan menetap.

Sebuah penelitian eksperimental terpisah telah menunjukkan bahwa garam merusak lapisan perut dan menyebabkan lesi, yang jika dibiarkan berkembang, dapat menjadi kanker perut. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memeriksa dampak makanan tinggi garam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement