Kamis 23 Jun 2022 00:30 WIB

Posisi Tidur yang Buruk Bisa Picu Parkinson Hingga Alzheimer, Baiknya Seperti Apa?

Kenali posisi tidur yang turunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur menyamping (ilustrasi). Posisi tidur dapat memengaruhi proses glymphatic clearance yang ujungnya berdampak pada risiko penyakit neurodegeneratif.
Foto:

Menurut studi, konsumsi omega 3 dan sedikit alkohol tampak memperbaiki glymphatic clearance. Akan tetapi, konsumsi alkohol dalam jumlah besar bisa memperburuk glymphatic clearance. Artinya, temuan ini sepatutnya tak menjadi alasan bagi orang-orang untuk mengonsumsi alkohol secara berlebih.

Terkait omega 3, tim peneliti memberikan beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi. Sebagian dari sumber omega 3 yang direkomendasikan tersebut adalah berbagai jenis ikan seperti ikan haring, salmon, sarden, trout, kembung, kod, pollock, mullet merah, hingga pilchard.

Menurut rekomendasi National Health Service di Inggris, ikan berminyak sebaiknya dikonsumsi minimal satu porsi per pekan. Sedangkan ikan putih bisa dikonsumsi dalam porsi yang diinginkan dalam sepekan.

Olahraga juga diketahui dapat membantu proses glymphatic clearance. Olahraga sebaiknya dilakukan minimal 150 menit per pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement