Rabu 22 Jun 2022 05:00 WIB

Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terlihat di Kaki, Cermati Dua Perubahan Ini

Kolesterol tinggi sering kali tidak memunculkan gejala.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pembengkakan di area kaki dapat terjadi akibat hiperkolesterolemia familial. Selain itu, kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyakit arteri perifer (PAD) di kaki.
Foto:

Rasa nyeri juga bisa muncul secara berulang pada kaki ketika melakukan aktivitas fisik. Meski bisa terjadi di kedua sisi, rasa nyeri yang muncul mungkin akan terasa lebih hebat pada satu sisi.

"Bila Anda tidak mengidap hiperkolesterolemia familial, Anda kemungkinan besar tidak mengalami gejala atau tanda kolesterol tinggi," jelas dr Sarah Jarvis dari Media Medic, seperti dilansir Express.co.uk, Selasa (21/6/2022).

photo
Kolesterol. - (Republika)

Oleh karena itu, banyak orang yang tak menyadari dirinya mengalami kolesterol tinggi sampai kondisi tersebut berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Misalnya, serangan jantung atau strok.

"Hanya karena orang-orang tak mengalami gejala seperti nyeri dada atau palpitasi, mereka menganggap diri mereka baik-baik saja dan tak ada hal yang perlu dikhawatirkan," ujar dr Jarvis.

Mengingat gejala kolesterol tinggi jarang terjadi, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan pengecekan darah secara berkala. Terlebih bila memiliki faktor risiko seperti riwayat penyakit jantung pada keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement