Selasa 21 Jun 2022 11:00 WIB

Mengapa Dokter Gigi tak Sarankan Pasta Gigi Pemutih?

Menurut dokter gigi, penggunaan pasta gigi pemutih bisa berisiko.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gigi putih bersih. Namun, dokter gigi tak merekomendasikan produk pasta gigi berpemutih.
Foto:

Marylebone Smile Clinic merekomendasikan penggunaan pasta gigi berfluoride serta pasta gigi untuk pemilik gigi sensitif. Keduanya aman sebab memiliki fungsi melindungi gigi dan tidak terlalu abrasif seperti pasta gigi pemutih atau pasta gigi khusus perokok.

Patel menyarankan untuk menghindari pasta gigi nonfluoride, begitu pula pasta gigi pemutih. Alasannya, pasta gigi pemutih biasanya lebih abrasif. Efek pemutihan didapat dengan menghilangkan lapisan email yang sangat tipis di permukaan atas gigi.

Pada awal pemakaian mungkin tampak menjanjikan karena memberikan hasil, namun enamel hanya setebal setengah milimeter hingga satu milimeter, dan perlu bertahan seumur hidup. Mencoba memutihkan gigi dengan menanggalkan lapisan tersebut mungkin berakhir dengan masalah parah di kemudian hari.

"Masalah yang mungkin muncul termasuk sensitivitas, gigi bisa menjadi lebih kuning karena kehilangan email, dan membutuhkan lebih banyak perawatan gigi di kemudian hari," ujar Patel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement