Rabu 15 Jun 2022 15:42 WIB

Ahli: Covid-19 Bikin Virus Lain Berlaku Aneh, Membahayakan Anak

Dampak Covid-19 terhadap virus lain terlihat dari kasus hepatitis misterius.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Dampak Covid-19 terhadap virus lain dapat terlihat dari beberapa kasus penyakit yang saat ini sedang merebak.
Foto:

Pandemi buat penyakit lain kurang diperhatikan

Saat perhatian masyarakat tertuju pada Covid-19 selama dua tahun ke belakang, penyakit lain seperti cacar monyet dan tuberkulosis mungkin menyebar tanpa disadari. Di Inggris, misalnya, UK Health and Security Agency (UKHSA) menemukan adanya peningkatan kasus tuberkulosis. Anak kecil, balita, dan bayi merupakan kelompok yang lebih berisiko untuk sakit bila terpapar tuberkulosis.

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Per Juni, WHO juga mengungkapkan bahwa cacar monyet mungkin sudah menyebar di tengah masyarakat beberapa bulan hingga dua tahun sebelum wabah menyeruak. Hingga saat ini, ratusan kasus cacar monyet sudah terdeteksi di berbagai negara nonendemik, termasuk Inggris.

Sebagian kasus cacar monyet ini mengenai laki-laki berusia 30-40 tahunan. Investigasi masih dilakukan untuk mengetahui bagaimana cacar monyet menyebar dalam wabah kali ini.

"Belum ada bukti bahwa virus monkeypox berkaitan dengan Covid-19 atau vaksin-vaksinnya. Tetapi pelonggaran lockdown, kembali terbukanya perjalanan internasional, mungkin kembali membuka pintu untuk infeksi baru bertransmisi," jelas Clinical Lead ZAVA UK Dr Babak Ashrafi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement