Selasa 07 Jun 2022 17:57 WIB

Pisang Bisa Tetap Berwarna Kuning Segar Selama 15 Hari, Ini Triknya

Dengan teknik penyimpanan yang tepat, pisang bisa tetap kuning selama 15 hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pisang di supermarket (Ilustrasi). Buah pisang bisa dipertahankan kesegaran dan warna kuningnya dengan teknik penyimpanan yang tepat.
Foto:

Mengingat pisang yang matang melepaskan gas etilen, cara lain yang cukup populer untuk memperpanjang masa penyimpanan pisang adalah dengan membungkus masing-masing buah pisang dengan plastic wrap. Akan tetapi, cara yang sebenarnya lebih efektif adalah membungkus bagian batang pisang.

Alasannya, di bagian batang inilah banyak gas etilen muncul. Saat memakan pisang, Mike merekomendasikan kulit pisang dibuka dari bagian bawah lalu ke atas pisang tempat batangnya berada, bukan sebaliknya. Cara ini bisa meneliminasi serat-serat putih dari kulit pisang menempel pada bagian dalamnya.

Bila memiliki pisang yang sudah sangat matang, penyimpanan di dalam freezer dapat membantu memperpanjang masa penyimpanan pisang. Sebelum disimpan dalam freezer, pisang sebaiknya dikupas dan dipotong terlebih dahulu menjadi potongan yang lebih kecil. Metode ini bisa membuat pisang bertahan hingga enam bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement