Kamis 02 Jun 2022 18:38 WIB

Pandemi Reda, Kini Waktunya Asah Keterampilan Sosial Anak

Keterampilan sosial anak turun akibat pandemi Covid-19.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak bermain (ilustrasi). Selama pandemi, keterampilan sosial anak menurun.
Foto:

Karena itu, saat masa pandemi reda, segeralah mengembangkan, menstimulasi kemampuan sosialiasi anak-anak. Solusinya, menurut Nina, ketika anak kembali masuk sekolah, sebaiknya guru memberikan anak tugas berkelompok.

Dengan kerja kelompok, anak terpaksa bergiliran, membagi tugas, dan anak bisa membaca mana temannya yang mengalami kesulitan dalam pelajaran tersebut. Selain itu, anak juga berbagi bekal sekolah untuk temannya.

Bagikan makanan yang sudah ada dalam kemasan, sehingga masih tetap aman. Jangan lupa tetap dengan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, saat bermain di sekolah, guru juga bisa mengingatkan untuk bergiliran bermain, misalnya main perosotan. Bisa juga dengan membagikan kertas tugas atau ulangan, ajarkan anak mengantre di sekolah.

Di rumah, orang tua juga bisa menstimulasi keterampilan sosial anak. Misalnya dengan mengajak anak membuat sesuatu untuk dibagikan kepada temannya atau orang yang membutuhkan di jalan.

Orang tua juga bisa mengajak anak berdonasi. Bentuknya bisa dengan menyisihkan uang saku atau menyisihkan barang-barang yang dimiliki.

"Sebetulnya, ketika kita mengajak anak berdonasi, kita sudah melakukan stimulasi terhadap kemampuan sosial anak," kata Nina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement