Kamis 02 Jun 2022 16:15 WIB

Diabetes Tipe 2: Dua Gangguan Mata Ini Bisa Jadi Pertanda Tingginya Kadar Gula Darah

Kadar gula darah tinggi berisiko mendatangkan masalah pada mata.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata (Ilustrasi). Gula darah pengidap diabetes biasanya sedang tinggi jika terasa ada tekanan dan rasa nyeri di mata.
Foto:

Anda dapat mengurangi risiko masalah mata dengan menjaga diabetes tetap terkendali. Mendedikasikan waktu dan upaya untuk membalikkan diabetes banyak manfaatnya.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan ialah dengan mengubah gaya hidup. Apalagi, 90 persen kasus diabetes memang diakibatkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Terlebih lagi, bukti terkuat hingga saat ini menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 dapat disembuhkan dengan penurunan berat badan. Bahkan, para peneliti meyakini, penurunan 10 persen berat badan dalam lima tahun pertama penyakit dapat membalikkan kondisi sepenuhnya.

Ini adalah salah satu alasan mengapa olahraga berperan penting dalam pengelolaan diabetes. Tak hanya membantu dalam penurunan berat badan, olahrag juga dapat mengatur kadar gula darah untuk jangka waktu hingga 48 jam.

Minum cairan bebas gula dalam jumlah tinggi juga dapat membantu mencapai hasil ini, karena merehidrasi darah. Sebagian besar biji-bijian olahan dalam makanan harus diganti dengan produk gandum utuh untuk menghindari lonjakan gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement