Senin 23 May 2022 19:06 WIB

Alami Memar Setelah Minum Obat Kolesterol, Apa yang Harus Dilakukan?

Manfaat mengonsumsi statin tetap lebih besar daripada efek sampingnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Obat (ilustrasi). Obat statin dapat menyebabkan trombositopenia yang ditandai dengan adanya memar, terutama pada kaki bagian bawah.
Foto:

Penelitian menunjukkan trombositopenia yang diinduksi obat jarang dikaitkan dengan obat statin. Sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal Cureus menunjukkan bahwa itu terkait dengan atorvastatin, jenis statin yang umum diresepkan.

Laporan itu berasal dari temuan kasus seorang perempuan 69 tahun yang mengembangkan trombositopenia setelah penggunaan atorvastatin.

"Sepengetahuan kami, ini adalah kasus keempat yang dilaporkan terkait trombositopenia yang diinduksi atorvastatin," tulis para peneliti, seperti dikutip dari laman Express, Senin (23/5/2022).

Seorang perempuan 69 tahun dengan riwayat hiperlipidemia (kolesterol tinggi) datang ke rumah sakit dengan memar atraumatik dan hematoma lutut kanan traumatis. Ada beberapa lepuh darah tanpa rasa sakit yang dia perhatikan satu hari sebelumnya.

"Diskusikan dengan dokter Anda tentang manfaat dan risiko statin sebelum mengonsumsinya," kata NHS.

Di samping itu, NHS juga mengingatkan pasien untuk mencermati efek samping yang mungkin dirasakannya dari konsumsi obat. Sampaikan hal tersebut kepada dokter agar dosis obat bisa disesuaikan atau jenis statin yang lain bisa diresepkan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement