Selasa 24 May 2022 05:18 WIB

Belajar dari Kasus Telly Savalas, Jangan Abaikan Gejala Kanker

Telly Savalas yang terkenal sebagai pemeran Kojak meninggal akibat kanker.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mendiang aktor serial Kojak, Telly Savalas, meninggal pada 1994 setelah berjuang melawan kanker.
Foto:

Saat Savalas menerima diagnosisnya, dilaporkan bahwa kankernya telah menyebar ke lapisan otot yang mendasari dinding kandung kemih. Ini sangat memengaruhi sebagian besar pasien, bahkan dengan pengobatan.

Savalas sempat ditawari untuk menjalani operasi pengangkatan sebagian kandung kemihnya dan organ terdekat yang menyimpan sel kanker. Namun, ia menolak karena tidak ingin melalui apa yang dialami ayahnya.

"Ayahnya sendiri telah menjalani operasi dan itu benar-benar mengerikan. Itu terjadi pada tahun 1947 atau 1948 lalu ayahnya sangat lumpuh," kata Kausakis.

Begitu penyakitnya berkembang, Savalas tidak punya pilihan selain menjalani prosedur yang dikenal sebagai kistektomi radikal. Operasi ditujukan untuk mencegah kankernya menjalar.

Selama beberapa tahun, Savalas menjalani sistoskopi alias endoskopi kandung kemih setiap tiga atau empat bulan untuk memeriksa pertumbuhan baru. Kondisi Savalas tampaknya stabil. Akan tetapi, pada Desember 1993, keadaan berubah menjadi yang terburuk.

"Kanker telah menyebar ke tulang dan organ lainnya dan dia benar-benar sangat sakit selama sekitar enam pekan," ujar Kousakis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement