Rabu 11 May 2022 04:10 WIB

Penyakit Metabolik Usai Lebaran Bisa Dicegah, Ahli Gizi Sarankan Puasa Sunnah 6 Hari

Masyarakat diminta mewaspadai penyakit metabolik usai Lebaran.

Opor ayam merupakan salah satu makanan yang biasa dihidangkan untuk ketupat Lebaran. Selepas Ramadhan, biasanya frekuensi makan bisa melebihi tiga kali sehari karena aktivitas silaturahim.
Foto:

Terkait dengan hal itu, Dono memberikan beberapa solusi. Salah satu cara perbaikan dapat dilakukan dengan puasa sunah selama enam hari secara berurutan.

"Selain itu, masyarakat dapat mulai kembali memperhatikan peningkatan aktivitas fisik dan durasi tidur masing-masing," katanya.

Praktisi gizi Florentinus Nurtitus mengatakan pencegahan penyakit metabolik dapat dilakukan dengan diet gizi seimbang. Ia mengatakan, keseimbangan gizi dapat tercapai ketika zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai dengan asupan sehari-hari.

"Angka kecukupan gizi yang dianjurkan dapat diperoleh melalui konsultasi dengan dietisien atau nutrisionis," jelas Florentinus.

Dengan mengikuti petunjuk ahli, masyarakat akan dituntun dalam mengetahui beragam kebutuhan tubuhnya. Florentinus mengatakan, pola diet yang benar adalah tidak mengubah kebiasaan makan sehari-hari, tetapi diarahkan ke pola yang dianjurkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement