Selasa 10 May 2022 00:30 WIB

Vaksin Flu Pangkas Risiko Kematian Pasien Serangan Jantung

Selain mencegah flu, vaksin flu juga bermanfaat bagi penyintas serangan jantung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Suntikan berisi vaksin flu di pusat medis di Bilbao, Negara Basque, Spanyol utara, 13 Oktober 2020. Vaksin flu ternyata menawarkan manfaat lebih bagi penyintas serangan jantung.
Foto:

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung terhambat. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh bekuan darah yang menyumbat jalannya aliran darah ke jantung.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat memicu terjadinya serangan jantung adalah penyalahgunaan obat terlarang, penyakit jantung, dan minimnya oksigen di dalam darah. Di antara berbagai penyebab tersebut, penyakit jantung koroner merupakan yang paling banyak memicu serangan jantung.

Penyakit jantung koroner bisa terjadi akibat berbagai faktor. Sebagian di antaranya adalah kebiasaan merokok, diabetes, pola makan tinggi lemak, dan kadar kolesterol tinggi. Tekanan darah tinggi, kurang gerak, dan kegemukan atau obesitas juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Sebagian di antaranya adalah menerapkan pola makan yang seimbang dan olahraga rutin.

Sebuah studi dalam jurnal Sports Medicine menemukan bahwa orang yang hobi bersepeda memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit kardiovaskular. Mereka juga berisiko 23 persen lebih rendah untuk mengalami kematian lebih dini. Rekomendasi bersepeda yang dianjurkan agar memberikan manfaat adalah 130 menit setiap pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement