Jumat 06 May 2022 20:01 WIB

Tiga Kiat Mudah Agar Bersih-Bersih Rumah Terasa Ringan

Orang akan merasa kewalahan kalau terlalu banyak yang harus dibersihkan sekaligus.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Membersihkan rumah (Ilustrasi). Agar tidak kewalahan, jangan tunda pekerjaan bersih-bersih rumah yang bisa dilakukan segera.
Foto:

Bersihkan rumah sebelum pergi

Dalam situasi sesibuk apa pun, luangkan waktu membersihkan dan merapikan rumah sebelum pergi. Menurut penata rumah profesional Andrea Brame, kebiasaan itu akan membuat seseorang nyaman saat pulang ke rumah serta membuat hidup jauh lebih mudah dalam jangka panjang.

"Pikirkan tugas rumah tangga sehari-hari sebagai siklus. Banyak kekacauan rumah tangga terjadi adalah ketika sebuah siklus terputus dan satu langkah tidak sepenuhnya selesai. Jika salah satu langkah dibiarkan terbengkalai, itu akan menyebabkan kekacauan dan pekerjaan ekstra di waktu berikutnya," kata Brame.

- Berbenah sebelum tidur

Di akhir hari setelah rutinitas yang panjang, seseorang mungkin tergoda untuk menyingkirkan semua cucian yang tidak dilipat dari tempat tidur dan langsung tidur. Padahal, tidur akan lebih nyenyak jika meluangkan 15 menit untuk membereskannya sebelum pergi tidur.

Pemilik Professional Organizer New Orleans, Olivia Parks, merekomendasikan rutinitas pembersihan malam hari. Sebelum tidur, pastikan semua piring sudah dicuci, sampah dibuang, dan barang-barang yang digunakan dikembalikan ke tempat semula.

"Meskipun ini bisa terdengar seperti hal yang menyusahkan, terutama setelah seharian bekerja, ini justru menyiapkan hari berikutnya untuk berjalan sukses," ujar Parks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement