Sabtu 07 May 2022 00:30 WIB

Posisi Tidur Terbaik Bagi Penderita Hipertensi

Posisi tidur tertentu dapat memiliki pengaruh besar hipertensi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Bangun tidur (ilustrasi). Posisi tidur tertentu dapat memiliki pengaruh besar pada pembacaan tekanan darah.
Foto:

Tidur tengkurap, terlentang, atau menyamping dapat membuat perbedaan dalam mendengkur, sleep apnea, sakit leher serta punggung, dan kondisi medis lainnya. Tidur miring ke kiri dinilai sebagai posisi tidur terbaik untuk hipertensi karena mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah yang mengembalikan darah ke jantung.

Sakit punggung juga dapat menyebabkan gangguan tidur yang signifikan. Jadi, coba hindari posisi tidur yang membebani area ini.

"Tidur dengan posis menyamping, dengan punggung sebagian besar lurus, dapat membantu mengurangi sleep apnea," kata Medicover.

Akan tetapi, tidur menyamping juga dapat menyebabkan rasa sakit di leher dan punggung karena tulang belakang Anda tetap sejajar. Coba selipkan bantal di antara kedua kaki dan pastikan posisi bantal tidak membuat kepala lebih tinggi daripada leher.

Di samping rutinitas tidur yang baik, memperhatikan pola makan juga sangat penting untuk menurunkan hipertensi dan menghindari komplikasi kesehatan kardiovaskular. Makanan yang harus dihindari sebelum tidur dan dikurangi pada siang hari meliputi:

- Makanan asin

- Makanan manis

- Daging merah

- Minuman manis

- Alkohol

- Lemak jenuh

- Makanan yang diproses atau olahan

- Terlalu banyak  bumbu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement