Senin 02 May 2022 09:20 WIB

Trik TikTok tidak Direkomendasikan, Dokter Bagikan 5 Cara Memutihkan Gigi

Betulkah kombinasi kiwi, mentimun, dan baking soda bisa memutihkan gigi?

Rep: Adysha Citra Ramadani, Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sikat gigi (ilustrasi). Dokter gigi membantah trik untuk memutihkan gigi yang beredar di TikTok.
Foto:

Jaga kesehatan tubuh

Beberapa masalah kesehatan bisa membuat seseorang lebih rentan untuk memiliki gigi berwarna kuning. Beberapa contohnya adalah diabetes, kanker mulut, anemia, dan beberapa gangguan makan. Kondisi-kondisi ini bisa merusak email gigi dan kesehatan mulut yang kemudian memicu gigi kuning.

Konsumsi stroberi dan apel

Buah stroberi diketahui mengandung asam malat yang merupakan pemutih gigi alami. Tentu, jangan mengonsumsi stroberi secara berlebihan atau menggosoknya ke permukaan gigi demi mendapatkan tampilan gigi yang putih. Makan stroberi secukupnya saja.

Apel juga dapat memberikan efek yang sama. Sisi buah apel yang cukup garing bisa membantu menghilangkan bakteri dari gigi ketika digigit. Seperti stroberi, apel juga sebaiknya dikonsumsi secukupnya.

Sikat gigi dengan baik

Alih-alih menyikat gigi dengan kuat, coba sikat gigi dengan cara yang benar tanpa harus menggunakan tenaga berlebihan. Untuk melakukannya, coba pegang gagang sikat gigi di bagian ujung seperti sedang memegang pulpen. Cara ini akan mengurangi tekanan pada bagian sikat ketika menyikat gigi.

Minum air putih yang cukup

Asupan air putih yang cukup tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga gigi. Drg Kinsella mengatakan, air putih dapat menjadi pembersih gigi yang alami. Biasakan untuk minum setidaknya satu gelas air putih setelah makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement