Senin 23 Jan 2023 13:45 WIB

Viral Lagi, Tren Masukkan Bawang ke Lubang Hidung tak Perlu Diikuti, Berbahaya

Memasukkan bawang ke lubang hidung disebut bisa atasi flu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pengguna TikTok, Jackie Santillan, mencoba trik yang viral untuk melegakan hidung tersumbat, yakni dengan menyumbat hidung dengan bawang putih.
Foto: Tiktok
Pengguna TikTok, Jackie Santillan, mencoba trik yang viral untuk melegakan hidung tersumbat, yakni dengan menyumbat hidung dengan bawang putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren kesehatan yang aneh di TikTok telah menyebabkan bau yang cukup menyengat pada pengikutnya. Para ahli memperingatkan hal itu berpotensi lebih banyak bahayanya dibandingkan manfaatnya.

Pakar di aplikasi kesehatan dan kesejahteraan Evergreen Life telah melihat video kesehatan populer di TikTok itu dalam upaya untuk menyanggah saran yang paling tidak masuk akal tersebut. Dilansir Express pada Senin (23/1/2023), pakar telah menemukan salah satu tren pada 2023 yang lebih aneh, yaitu memasukkan bawang putih ke lubang hidung.

Baca Juga

Beberapa video mempromosikan langkah yang tidak biasa ini sebagai cara untuk membersihkan sinus dan membantu mengatasi flu musim dingin. Meskipun ini bukan ide baru, tren itu muncul lagi pada 2023.

Istilah pencarian TikTok #garlicsnots memiliki 115 ribu penayangan pada awal tahun ini. Judul garlic nose hack melibatkan orang-orang yang mengupas bawang putih dan memasukkannya ke setiap lubang hidung selama 15 hingga 30 menit untuk membuka sumbatan sinus mereka.

Rupanya, begitu waktunya habis, ada lendir berlebih mengalir keluar dari hidung. Cara itu dipercaya dapat membersihkan saluran hidung.

Mengomentari tren tersebut, ahli medis Evergreen, Brian Fisher, mengatakan bahwa meskipun bawang putih terkenal memiliki aktivitas melawan bakteri dan virus, tetapi meletakkan bawang putih di lubang hidung dapat merusak hidung dan sinus. Bahan kimia bawang putih dapat menyebabkan iritasi, dan serpihan bawang putih dapat tersangkut di hidung Anda.

"Bawang putih untuk infused water akan jauh lebih aman," kata Fisher.

TikTok juga telah menambahkan peringatan di beberapa video dengan mengatakan bahwa berpartisipasi dalam tindakan yang ditampilkan di layar dapat membahayakan pemirsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement