Kamis 08 Jul 2021 00:26 WIB

Sumbat Hidung dengan Bawang Putih Bisa Bikin Lega?

Menyumbat hidung dengan bawang putih jadi trik yang viral di TikTok.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pengguna TikTok, Jackie Santillan, mencoba trik yang viral untuk melegakan hidung tersumbat, yakni dengan menyumbat hidung dengan bawang putih.
Foto: Tiktok
Pengguna TikTok, Jackie Santillan, mencoba trik yang viral untuk melegakan hidung tersumbat, yakni dengan menyumbat hidung dengan bawang putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan, pengguna TikTok ramai membicarakan khasiat menyumbat hidung dengan bawang putih. Mereka menyebut, trik itu dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Apakah bawang putih benar-benar bisa membantu membersihkan saluran sinus?

Para ahli sepakat bawang putih yang dimasukkan ke dalam lubang hidung tidak akan meredakan hidung tersumbat dan menyembuhkan sinus yang meradang. Di lain sisi, dokter paham alasan orang sampai terpikir bawang putih punya khasiat seperti itu.

Baca Juga

Setelah sumbatan bawang putih dibuka, hidung akan menjadi meler. Padahal, itu tidak terjadi karena alasan yang orang pikirkan.

"Setiap kali kita menutup lubang hidung, ia akan terisi dengan lendir. Itu hanya respons hidung saat diblokir," jelas Dr. Jay Youngerman, Kepala Otolaringologi di Northwell Health Plainview Hospital di New York, Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Today, Rabu (7/7).

 

Lapisan hidung yang terluka juga dapat menyebabkan reaksi ingus. Dr. Emily Durkin, seorang ahli bedah anak di Helen DeVos Children's Hospital menjelaskan, trauma pada mukosa atau iritasi pada mukosa hidung sebenarnya justru akan memperparah pilek.

Para ahli menduga, orang beralih ke bawang putih karena mereka percaya khasiatnya seperti herbal berbau kuat lainnya, misalnya kayu putih. Mereka mencoba menggunakan bau dari bawang putih untuk menyebabkan efek vasokonstriksi, yang menyebabkan mukosa hidung mengendur dan dapat membuka saluran hidung.

"Vasokonstriksi memungkinkan aliran udara lebih besar," jelas Dr. Anthony Del Signore, Direktur Rhinologi dan Endoskopi Operasi pada Tengkorak di Mount Sinai Union Square di New York.

Faktanya, bawang putih yang dijadikan penyumbat lubang hidung tidak bekerja seperti itu. Dengan sifatnya yang panas, bawang putih kemungkinan dapat menyebabkan iritasi, rasa terbakar, dan bahkan mungkin menyebabkan hidung berdarah.

"Bawang putih adalah zat yang cukup kuat. Bawang putih bisa memicu reaksi dermatitis yang membuat mukosa menjadi sangat teriritasi," kata Dr. Dana Crosby, ketua departemen THT di Southern Illinois University School of Medicine.

Crosby mengatakan, iritasi tersebut mungkin tidak akan menyebabkan masalah jangka panjang. Lain halnya jika orang melakukannya berulang kali, seperti setiap kali mereka sesak.

“Itu sebenarnya bisa menyebabkan beberapa kerusakan permanen dan beberapa jaringan parut pada mukosa,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement