Selasa 12 Oct 2021 01:23 WIB

Air Klorofil Kembali Populer di TikTok, Benarkah Berkhasiat?

Air klorofil sempat populer pada 2016.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih. Belakangan, pengguna TikTok banyak yang mempromosikan air klorofil sebagai minuman berkhasiat.
Foto: Boldsky
Minum air putih. Belakangan, pengguna TikTok banyak yang mempromosikan air klorofil sebagai minuman berkhasiat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kombinasi cairan klorofil dan air putih mulai dikenal luas sejak 2016. Kala itu, ada cukup banyak selebritas yang mengklaim bahwa air klorofil memiliki beragam khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Kini, air klorofil kembali menjadi perbincangan hangat di antara para pengguna media sosial TikTok. Menurut video-video yang mereka unggah, para TikToker mengklaim bahwa air klorofil memiliki manfaat kecantikan, seperti mengobati jerawat dan peradangan kulit serta mengurangi bau badan.

Baca Juga

Selain itu, air klorofil juga diklaim dapat mencegah kanker dan mendukung kesehatan usus. Beberapa video TikTok paling populer mengenai air klorofil bahkan mendapatkan sekitar 1,5-2 juta like hingga saat ini.

Kebanyakan dari video tersebut menampilkan perubahan kulit setelah para TikToker meminum air klorofil secara rutin. Profesor di bidang psikologi dari Occidental College Andrew Shtulman mengungkapkan beberapa alasan mengapa air klorofil bisa dengan mudah disukai dan menjadi populer. Salah satunya ialah air klorofil identik dengan kesan alami dan murni.

"Karena Anda mengonsumsi air putih dan menambahkan sesuatu (ke dalamnya) yang berasal dari tanaman, yang secara naluriah akan dipandang sebagai sesuatu yang murni," ujar Shtulman, seperti dikutip Huffington Post, Selasa (12/10).

Alasan lainnya, meminum air klorofil dipandang sebagai sesuatu yang menyehatkan, seperti halnya mengonsumsi sayuran atau berolahraga. Akan tetapi, meminum air klorofil jauh lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan menyantap sayuran atau berolahraga.

Perlu dipahami, tak ada satu hal pun yang dapat menjadi solusi untuk semua masalah. Hal ini juga berlaku untuk air klorofil, terlepas dari fantastisnya klaim-klaim kesehatan dan kecantikan seputar minuman tersebut.

"Setiap orang dapat membuat klaim apa pun mengenai suplemen klorofil," ujar ahli gizi Judy Simon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement