Jumat 10 Sep 2021 16:59 WIB

Khasiat Bawang Putih: Untuk Imun dan Cegah Badai Sitokin

Bawah putih bisa dimanfaatkan untuk dongkrak sistem imun.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil
Khasiat Bawang Putih: Untuk Imun dan Cegah Badai Sitokin. Foto: Bawang Putih
Foto: istimewa
Khasiat Bawang Putih: Untuk Imun dan Cegah Badai Sitokin. Foto: Bawang Putih

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebagian masyarakat Indonesia masih menggunakan ramuan herbal guna menjaga kesehatan tubuh. Ramuan herbal pun menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19.

Mayoritas masyarakat mengenal bawang putih sebagai bumbu masak. Namun bawang putih ternyata tergolong herbal yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut disampaikan oleh owner produk herbal Satya, Steven Cornelius Putra. 

Baca Juga

"Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meredakan infeksi, radang dan pilek, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan mengendalikan tekanan darah," kata Steven dalam siaran pers, Jumat (10/9).

Steven merujuk pada The National Center for Biotechnology Information dalam jurnal berjudul “The effects of allium sativum on immunity within the scope of COVID-19 infection”. Allium sativum atau bawang putih merupakan pangan yang terkenal sebagai antimikroba, antiinflamasi, antitumor. Dikatakan penelitian itu bahwa konsumsi bawang putih juga dapat menjadi salah satu tindakan pencegahan terhadap infeksi Covid-19.

"Karena bawang putih memiliki fungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menekan produksi dan sekresi badai sitokin," ujar Steven.

Hanya saja, Steven mengatakan kandungan herbal dalam bawang putih mesti dijaga agar produk yang dijual tetap berkualitas dengan memerhatikan stabilitas zat aktif dalam bahan yang digunakan. Produsen juga perlu memastikan produknya tidak mengandung bahan pengawet. 

"Maka untuk membuat produk herbal bawang putih mampu bertahan hingga bulanan di suhu ruangan, diperlukan proses sterilisasi," ucap Steven.

Proses strerilisasi juga bermanfaat mengurangi aroma bawang putih yang menyengat dan mengurangi sensasi tidak nyaman di mulut, seperti aroma dan rasa bawang putih. Selain menggunakan bawang putih, Steven menggunakan herbal alami lain seperti jahe merah, madu hutan, cuka apel, dan lemon. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, serta menurunkan lemak darah dan asam lambung.

"Campuran herbal ini sudah dikonsumsi oleh keluarga besar saya secara turun-temurun. Dan ternyata manfaatnya cukup bagus buat kesehatan. Akhirnya saya coba optimalkan formula dan cara pembuatannya selama dua hingga tiga tahun, dan lahirlah Satya Natural Juice," sebut Steven.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement