Ahad 01 May 2022 07:14 WIB

7 Tips Seimbangkan Antara Kehidupan dan Bekerja 

Jangan biarkan pekerjaan Anda mengambil alih hidup Anda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Stress Bekerja
Foto:

Utamakan Perawatan Diri

Buatlah keputusan untuk menyisihkan waktu untuk berolahraga.  Pilih dan rencanakan makanan bergizi dan waktu berkualitas bersama teman dan keluarga. Ingat, perawatan diri bukanlah kemewahan itu suatu keharusan.

Berlibur dan Staycation 

Jika Anda memiliki banyak hari libur, jangan biarkan mereka menumpuk atau berguling dari tahun ke tahun. Luangkan waktu Anda, bahkan jika itu adalah hari kesehatan mental di mana Anda tidur dan menonton film sepanjang hari atau dimana Anda keluar lebih awal dan pergi bertemu teman untuk makan malam. Kita semua perlu istirahat sesekali.

Tetapkan Batas

Mungkin menakutkan untuk berbicara dengan atasan Anda tentang topik serius seperti menetapkan batasan atau kelelahan. Namun, memperjelas kebutuhan Anda bahwa Anda tidak membalas email selama akhir pekan karena menghabiskan waktu bersama keluarga akan membantu menjernihkan kesalahpahaman.

Luangkan waktu untuk membuat daftar hal-hal yang akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan tidak membuat stres.  Prioritaskan item yang paling penting atau dalam kendali Anda untuk diubah dan atur percakapan dengan atasan Anda untuk membahasnya.

Cari Pekerjaan Baru

Sayangnya, terkadang, Anda akan mencapai titik di mana keseimbangan kehidupan kerja tidak mungkin terjadi jika Anda tetap berada di posisi saat ini. Mungkin lingkungan kerja beracun yang tidak menghargai waktu istirahat atau budaya perusahaan yang tidak selaras dengan nilai-nilai Anda.  

Dalam kasus seperti ini, mencari pekerjaan baru mungkin adalah pilihan terbaik Anda. Kesehatan Anda penting.

Dapatkan Bantuan Profesional

 

Jika stres benar-benar menyerang Anda dan memengaruhi kesehatan mental Anda, jangan ragu untuk berbicara dengan terapis. Banyak pemberi kerja menawarkan program bantuan karyawan yang dapat menghubungkan Anda dengan profesional kesehatan mental yang berpengalaman membantu orang mengelola stres mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement