Jumat 29 Apr 2022 16:08 WIB

Berkaca dari Diagnosis Suaminya, Amy Schumer Ajak Kenali Gangguan Spektrum Autisme Dewasa

Suami Amy Schumer didiagnosis gangguan spektrum autisme di usia dewasa.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Amy Schumer dan suaminya Chris Fischer tiba di perhelatan Academy Awards di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, California, AS, 27 Maret 2022. Fischer didiagnosis dengan gangguan spektrum autisme (ASD) pada usia dewasa.
Foto:

Dokter yang punya pengalaman lebih dari 40 tahun merawat anak-anak dan orang dewasa dengan ASD, Robert Diamond, menyebutkan statistik bahwa autisme terlihat langka pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Skalanya, kondisi tersebut terjadi pada tiga hingga tujuh dari 10.000 anak.

Jika dibandingkan dengan sekarang, skalanya jauh melonjak. Gangguan spektrum autisme kini telah diidentifikasi pada satu dari 44 anak. Ada banyak penyebab genetik dan perkembangan, tetapi pemicu umumnya belum diketahui.

Diamond mencatat hanya sedikit metode pengobatan yang terbukti efektif menangani pasien dewasa yang didiagnosis ASD. Akan tetapi, mengenali ASD yang mendasarinya dapat membantu pengobatan.

"Setiap orang tidak harus sama. Pemahaman dan penerimaan terhadap orang-orang atipikal dari segala usia dapat melindungi mereka dari intimidasi, penolakan, kegagalan, isolasi, dan depresi," ungkap pria yang pernah menjabat sebagai direktur di Klinik Gangguan Spektrum Autisme Kaiser Permanente di Rancho Cordova, California, itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement