Rabu 30 Mar 2022 20:52 WIB

Amy Schumer Ungkap Rahasia Terbesarnya Mengidap Trikotilomania

Amy Schumer mengidap trikotilomania, kebiasaan yang suka mencabut rambut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Amy Schumer mengidap trikotilomania, kebiasaan yang suka mencabut rambut.
Foto: EPA
Amy Schumer mengidap trikotilomania, kebiasaan yang suka mencabut rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amy Schumer mengatakan dirinya menderita trikotilomania, gangguan menarik atau mencabut rambut. Komedian itu mengungkapkan perjuangannya selama puluhan tahun setelah menampilkannya dalam serial TV terbarunya, Life & Beth. Serial itu dibuat berdasarkan dari pengalaman pribadinya.

Pada satu titik dalam pertunjukan, karakter Schumer, Beth, merajuk malu di dekat setumpuk rambut yang jelas-jelas berasal dari kulit kepalanya sendiri.

Baca Juga

“Saya pikir setiap orang memiliki rahasia besar dan ini juga milik saya,” ujar Schumer baru-baru ini seperti dilansir dari laman Prevention, Rabu (30/3/2022).

“Dan saya bangga bahwa rahasia besar saya hanya menyakiti saya, tetapi itulah yang membuat saya malu begitu lama,” tambahnya.

Menurut Mayo Clinic, trikotilomania secara khusus melibatkan dorongan yang berulang dan tak tertahankan untuk mencabut rambut dari kulit kepala dan tempat-tempat lain, seperti alis. Meskipun berusaha untuk berhenti, hal itu sulit dilakukan. Di salah satu titik terendah Schumer dengan gangguannya, dia harus dipasangi wig untuk kembali ke sekolah. 

"Dan semua orang tahu," ujarnya.

Aktris dan ibu dari anak laki- laki Gene (3 tahun) mengatakan dorongan untuk mencabut rambut biasanya meningkat ketika hidup stres dan kacau. Kebutuhan akan wig datang pada saat ayahnya menyatakan kebangkrutan dan telah didiagnosis dengan multiple sclerosis.

“Dan bukan karena saya dulu memiliki masalah ini dan sekarang tidak lagi. Itu masih sesuatu yang saya perjuangkan,” ungkapnya.

Dan ketakutan terbesarnya adalah dia mewariskan kelainan itu kepada putranya. Hal itu terjadi karena ada komponen keturunan di dalamnya. 

"Setiap kali dia menyentuh kepalanya, saya mengalami serangan jantung," ungkapnya.

Schumer akhirnya memutuskan untuk menceritakan semuanya karena ingin jujur dan bisa keluar dari permasalahannya. "Saya benar-benar tidak ingin memiliki rahasia besar lagi," katanya.

Pada 27 Maret, setelah perilisan Life & Beth di Hulu, Schumer berterima kasih kepada para penggemar karena telah menerima kisahnya. 

"Terima kasih untuk semua cinta dan untuk semua kata-kata baik dan dukungan pada trikotilomania saya," tulisnya di Instagram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement