Kamis 28 Apr 2022 19:44 WIB

Penjualan Piringan Hitam, CD, dan Kaset Terus Meningkat di Inggris

Pencinta musik di Inggris kembali menyukai piringan hitam, CD, dan kaset.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Record Store Day 2018 di Sydney, Australia. Tingkat penjualan piringan hitam, CD, dan kaset terus meningkat di Inggris.
Foto: EPA-EFE/JEREMY NG
Record Store Day 2018 di Sydney, Australia. Tingkat penjualan piringan hitam, CD, dan kaset terus meningkat di Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan hanya piringan hitam David Bowie dan The Beatles yang memicu kebangkitan retro di Inggris. Koleksi baru dari ABBA, Adele, dan Ed Sheeran juga menyumbang hampir 43 persen dari pembelian vinyl.

Fakta dan angka tersebut terungkap dalam All About The Music 2022, edisi ke-43 dari buku tahunan British Phonographic Association. Bowie berada di urutan teratas artis vinyl terlaris tahun 2021. Di urutan kedua ada The Fab Four yang terkenal dengan lagu "Here Comes The Sun". Selain itu, ABBA, Adele, dan Sheeran juga terbukti populer di kalangan kolektor.

Baca Juga

Terhitung ada 100 ribu pembelian vinyl. Penjualan album vinyl baru melonjak menjadi 42,9 persen dari total keseluruhan, dibandingkan dengan 30 persen pada 2020.

Dua album lagi, Chemtrails Over The Country Club oleh Lana Del Rey dan Blue Weekend oleh Wolf Alice, juga masuk dalam Top 10 tahun ini. Sebanyak 5,5 persen lainnya dari piringan hitam vinyl yang terjual pada tahun 2021 adalah album yang dirilis tahun sebelumnya. Secara total, penjualan vinyl meningkat 10,6 persen menjadi 5,3 juta unit.

Riset the British Phonographic Industry (BPI), yang didasarkan pada data Official Charts Company, menunjukkan judul yang dirilis pada atau sebelum 2019, masih menjadi mayoritas penjualan vinyl Long Playing (LP) sebanyak 51,6 persen, dibandingkan dengan 60,9 persen pada 2020.

Lagu klasik karya Queen, Amy Winehouse, dan Nirvana masuk dalam Top 10 tahun ini. Sedangkan, 20 LP teratas tahun ini termasuk album Pink Floyd dan Arctic Monkeys.

Rock adalah genre dominan untuk penjualan LP, meraih 60 persen dari pasar. Meskipun demikian, angkanya sedikit turun dari angka tahun sebelumnya, yakni 61,1 persen.

Terlepas dari popularitas vinyl yang bertahan lama, CD tetap menyumbang 59 persen dari semua pembelian album dengan album Adele yang bertajuk 30 terjual 150 ribu unit dalam satu pekan tahun lalu, dan lebih dari 400 ribu di sepanjang 2021.

Penjualan kaset juga mencapai tingkat tahunan tertinggi sejak 2003, dengan 185 ribu unit terjual. Album baru oleh Dave, Wolf Alice, dan Coldplay masing-masing terjual lebih dari 5.000 kopi dalam pekan pertama rilis.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement