Kamis 21 Apr 2022 05:15 WIB

Pengguna Produk Pembersih Keluhkan Kulit Kemerahan, Serangan Asma, Hingga Keracunan

Sekitar 46,9 persen pengguna produk pembersih alami masalah kesehatan.

Hand sanitizer disiapkan di depan kelas saat pertemuan tatap muka di SD (Ilustrasi). Masyarakat ada yang mengalami kemerahan pada kulit, serangan asma, gangguan penciuman, hingga keracunan akibat pemakaian sejumlah produk pembersih, termasuk hand sanitizer, sabun, disinfektan permukaan, dan pemutih.
Foto:

Pilih yang tepat

Lebih lanjut, Dini mengingatkan masyarakat agar cerdas memilih alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga, termasuk pembersih, pewangi, tisu dan kapas, antiseptik dan desinfektan, sediaan untuk mencuci, produk perawatan ibu dan bayi , serta pestisida rumah tangga.

"Perbekalan kesehatan rumah tangga harus memenuhi kriteria, yakni mutu, sesuai dengan cara pembuatan yang baik, keamanan, dan pemanfaatan, takaran tidak melebihi batas kadar yang ditentukan dan tidak menggunakan bahan yang dilarang," jelas Dini.

Masyarakat perlu memastikan adanya izin edar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan pada produk. Di samping itu, perhatikan dan ikuti petunjuk penggunaan serta petunjuk keamanan pada kemasan.

Selain itu, Dini mengimbau agar produk pembersih disimpan di tempat aman. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

"Pilih produk yang sesuai kebutuhan, jangan mudah percaya dengan produk yang diiklankan dengan klaim berlebihan," ujar Dini.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement