Sabtu 16 Apr 2022 09:54 WIB

Jenis Suplemen Vitamin dan Produk Herbal yang Paling Sering Bikin Orang Masuk UGD

Studi jangka panjang di Amerika Serikat temukan suplemen yang bikin orang ke UGD.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen (Ilustrasi). Studi jangka panjang mengungkap jenis vitamin dan produk herbal yang terkait dengan kunjungan ke UGD.
Foto:

Meskipun demikian, tinjauan literatur pada 2020 yang diterbitkan di BMJ menemukan meluasnya penggunaan suplemen vitamin dan mineral di negara-negara berpenghasilan tinggi. Hal itu tampaknya berkontribusi pada peningkatan prevalensi populasi asupan di atas tingkat yang dapat ditoleransi.

"Bukti kualitas tinggi kurang pada efek buruk jangka panjang dari asupan berlebih untuk beberapa nutrisi sehingga tidak jelas apakah ini menjadi perhatian."

Tinjauan tersebut juga meragukan kredibilitas bukti yang mendukung banyak klaim kesehatan. Sebetulnya, asupan nutrisi lengkap bisa didapatkan melalui diet seimbang.  "Jika Anda mengonsumsi vitamin, suplemen, atau produk herbal, selalu baca label keamanan yang disertakan dengan kemasannya,"

kata Harvard Health.

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang berkaitan dengan setelah mengonsumsi suplemen makanan, berhentilah meminumnya. Hubungi dokter kalau masih tak enak badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement