Rabu 13 Apr 2022 16:38 WIB

Apa yang Dialami Tubuh Kalau Mengonsumsi Cokelat Kinder yang Tercemar Salmonella?

Cokelat Kinder ditarik dari peredaran di tengah kekhawatiran cemaran Salmonella.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Warga membeli cokelat merk Kinder di salah satu Minimarket  di Jakarta, Senin (11/4/2022). Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berencana akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu hingga dipastikan merek tersebut tidak mengandung cemaran bakteri salmonella.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga membeli cokelat merk Kinder di salah satu Minimarket di Jakarta, Senin (11/4/2022). Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berencana akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu hingga dipastikan merek tersebut tidak mengandung cemaran bakteri salmonella.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peredaran cokelat Kinder telah dihentikan untuk sementara waktu sampai dipastikan tidak mengandung cemaran Salmonella. Dokter spesialis penyakit dalam Zubairi Djoerban mengatakan, bakteri ini bisa menyebabkan sakit kepala hingga kematian.

"Salmonella adalah bakteri yang kalau masuk ke badan melalui mulut ke saluran cerna dapat menyebabkan demam, sakit perut, dan biasanya juga sakit kepala serta mual," ujar Prof Zubairi saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga

Bakteri Salmonella typhi, contohnya, menyebabkan penyakit demam tifoid alias tipes. Masa inkubasi Salmonella cukup pendek, yakni hanya sekitar enam jam.

Ketika bakteri ini memasuki tubuh, penderita bisa mengalami diare dan panas selama sepekan. Prof Zubairi menyebut, di Amerika Serikat, pasien tipes tidak mendapatkan pengobatan jika bergejala ringan.

"Tetapi menurut saya, sebagian besar pasien tipes memerlukan pengobatan antibiotik. Kalau di Indonesia memang yang sering kali memerlukan pengobatan antibiotik yang paling sering diberikan adalah ciprofloxacin, dionicol, atau yang lainnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement