Senin 11 Apr 2022 19:29 WIB

Kena Sembelit Kronis, 5 Cara Ini Bisa Bantu Pulihkan Kesehatan Pencernaan

Sembelit kronis terjadi jika buang air besar tidak lancar lebih dari tiga bulan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Sembelit kronis bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu hidup seseorang.
Foto:

3. Obat pencahar yang dijual bebas

Pencahar adalah obat yang membantu meningkatkan pergerakan usus. Ada beberapa jenis obat pencahar yang dijual bebas yang mungkin disarankan oleh dokter, termasuk suplemen serat, pelunak feses, pelumas, serta stimulan.

4. Obat resep

Jika obat yang dijual bebas tidak secara efektif mengobati sembelit, dokter mungkin akan meresepkan obat seperti amitza atau linzess. Obat ini bekerja dengan menarik air ke dalam usus hingga dapat meningkatkan pergerakan tinja.

Obat-obatan ini dapat menyebabkan efek samping tertentu, seperti mual dan diare. Jadi, dokter kemungkinan hanya akan meresepkannya jika obat yang dijual bebas tidak efektif.

5. Terapi biofeedback

Jika otot panggul yang mengontrol gerakan usus lemah atau tidak berfungsi, dokter mungkin merekomendasikan terapi biofeedback. Faktor risiko untuk mengembangkan disfungsi dasar panggul meliputi:

- Kehamilan dan persalinan

- Usia (semakin tua semakin berisiko)

- Usai jalani operasi dasar panggul

- Pembesaran prostat

Terapi biofeedback adalah bentuk terapi fisik yang bertujuan untuk membantu seseorang mengontrol beberapa fungsi tubuh. Pada dasarnya, ini melatih kembali tubuh untuk buang air besar. Jumlah waktu yang diperlukan untuk melihat hasil dari terapi biofeedback berbeda-beda pada setiap individu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement