Kamis 07 Apr 2022 20:46 WIB

'15 Minutes Rule' Bantu Atasi Sulit Tidur, Seperti Apa Langkahnya?

Aturan 15 menit dapat membantu mengatasi kesulitan tidur.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tempat tidur (ilustrasi). Kesulitan tidur sering kali hanya berlangsung sementara dan dapat membaik dengan sendirinya. Namun, pada sebagian orang, kondisi itu perlu ditangani dengan upaya lebih.
Foto:

Selain melakukan aturan 15 menit, para ahli juga menganjurkan agar orang yang kesulitan tidur menghindari paparan cahaya terang sebelum jam tidur. Hal ini dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon tidur bernama melatonin.

Hormon melatonin biasanya akan meningkat di malam hari. Akan tetapi, proses ini memerlukan kondisi pencahayaan yang redup atau minim. Saat di siang hari, upayakan juga untuk mendapatkan paparan cahaya alami dari matahari.

"Ini akan membantu Anda merasa terjaga, awas, dan siap menjalani hari," kata dr Sheaves dan Prof Espie.

Hal lain yang dianjurkan dr Sheaves dan Prof Espie adalah jendela waktu 90 menit sebelum tidur. Di rentang waktu ini, dr Sheaves dan Prof Espie menganjurkan orang-orang untuk melakukan kegiatan yang merelaksasi diri, seperti membaca, mendengarkan musik yang menenangkan, atau melakukan latihan relaksasi.

photo
Mengorok bukanlah tanda tidur nyenyak. - (Republika)

"(Bila sedang banyak pikiran), mungkin menulis buku harian bisa menyalurkan pikiran tersebut, atau buat rencana mengenai apa yang akan Anda lakukan keesokan hari agar pikiran mengenai hari esok bisa berhenti bermunculan saat Anda di kasur," jelas dr Sheaves dan Prof Espie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement