Rabu 06 Apr 2022 00:18 WIB

Sakit Kepala Saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?

Sakit kepala yang melanda setelah bangun tidur dapat terjadi akibat berbagai hal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala saat bangun tidur (ilustrasi). Morning headache biasanya terjadi di antara pukul 04.00 pagi sampai 09.00 pagi.
Foto:

Masalah fisik dan mental

Depresi dan gangguan kecemasan bisa memicu terjadinya sakit kepala berkepanjangan di pagi hari. Biasanya, masalah kesehatan mental ini diiringi pula dengan insomnia.

photo
Mengorok bukanlah tanda tidur nyenyak. - (Republika)

Penggunaan obat tertentu dan konsumsi kafein juga dapat memicu terjadinya sakit kepala dan migrain yang kronis atau jangka panjang. Terkadang, sakit kepala bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius meskipun jarang.

Beberapa contohnya adalah tumor otak dan strok. Bila sakit kepala terjadi cukup sering dan tak jelas penyebabnya, ada baiknya memeriksakan keluhan tersebut ke dokter.

Meringankan sakit kepala

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan sakit kepala. Salah satu di antaranya adalah kompres dingin untuk meredakan sakit kepala migrain atau kompres hangat untuk meredakan sakit kepala tegang.

Terkadang sakit kepala muncul karena ikatan rambut yang terlalu keras, penggunaan bando atau topi, hingga penggunaan kacamata renang yang terlalu ketat. Rasa sakit kepala pada kondisi ini bisa diringankan dengan cara mengurangi tekanan dari faktor yang memicu sakit kepala tersebut.

Dalam beberapa kasus, sakit kepala migrain disebabkan oleh paparan cahaya yang terlalu terang atau berkedip. Dalam situasi ini, sakit kepala bisa dihindari dengan cara meredupkan cahaya ruangan atau menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar rumah.

Beberapa hal lain yang juga bisa membantu meredakan sakit kepala adalah mengonsumsi sedikit kafein, melakukan yoga, dan menghindari konsumsi alkohol. Terlalu banyak mengunyah juga sebaiknya dihindari karena bisa memicu sakit kepala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement