Selasa 05 Apr 2022 00:13 WIB

Obesitas di Usia 50, Penyakitan Seperti Umur 75 Tahun

Obesitas membuat orang terlihat lebih tua beberapa dekade.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Orang dewasa dengan obesitas (ilustrasi). Orang yang obesitas pada usia 50 tahun cenderung mengalami penyakit yang sama seperti orang usia 75.
Foto:

Tim mengamati sekelompok 115 ribu orang Finlandia. Mereka menemukan, hanya di bawah 20 persen individu dengan berat badan sehat memiliki dua masalah kesehatan yang diidentifikasi pada usia 75 tahun.

Di antara mereka yang mengalami obesitas, proporsi yang sama dicapai oleh 55 tahun. Tren serupa terlihat dalam studi terpisah terhadap 500 ribu warga Inggris.

"Dibandingkan dengan orang yang punya berat badan sehat, mereka yang obesitas memiliki risiko lima kali lebih tinggi mengalami multimorbiditas sederhana dan lebih dari 12 kali lebih berisiko mengalami multimorbiditas kompleks," kata para peneliti, dari Helsinki dan University College London, dilansir laman Express, Senin (4/4/2022).

Tetapi penelitian ini juga menemukan bahwa efek obesitas pada kematian tidak begitu nyata. Ini berarti kelebihan berat badan cenderung membuat seseorang harus berjuang dalam kesehatan yang buruk selama bertahun-tahun daripada kematian beberapa dekade lebih awal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement