Ahad 03 Apr 2022 20:39 WIB

Tak Hanya Bruce Willis, 5 Selebritas Hollywood Ini Juga Mengidap Afasia

Sharon Stone hingga Emilia Clarke juga mengidap penyakit afasia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Aktor Bruce Willis mengidap afasia yang diumumkan oleh keluarganya belum lama ini.
Foto:

4. Dick Clark

Tokoh TV dan radio legendaris yang meninggal pada 2012, sempat mengalami stroke yang melemahkannya pada Desember 2004. Itu membuatnya lumpuh di satu sisi dan secara signifikan mengganggu bicaranya, dan itu adalah sebuah gejala afasia.

Clark harus melewatkan siaran tahunannya yakni New Year’s Rockin 'Eve, dan ketika dia kembali pada 2005 dia berpidato. “Tahun lalu saya terkena stroke. Itu membuat saya dalam kondisi yang buruk. Saya harus belajar sendiri cara berjalan dan berbicara lagi. Sudah lama, perjuangan yang sulit. Pidato saya tidak sempurna tetapi saya sudah sampai di sana,” katanya dalam siaran tersebut.

 

5. Randy Travis

Saat menghadapi gagal jantung kongestif pada Juli 2013, penyanyi country itu mengalami stroke parah yang membuatnya tidak bisa berbicara. 

“Dalam kasus saya, otak saya berfungsi, dan saya bisa memahami apa yang dikatakan Mary (istrinya) kepada saya, tetapi saya tidak dapat mengeluarkan kalimat apapun,” tulis Travis dalam memoarnya tahun 2019.

Ketika ia pertama kali kembali ke rumah, ia hampir tidak bisa berbicara sama sekali. Ia menghabiskan waktu tiga bulan untuk terapi wicara sebelum akhirnya ia belajar mengucapkan huruf 'A'. Akhirnya, setelah sekitar satu setengah tahun, ia bisa mengatakan 'ya', 'tidak', dan 'kamar mandi'.

Ia juga bisa mengatakan 'I love you' dan beberapa frasa lain tetapi hanya sedikit sekali. Semua itu membuatnya sangat frustrasi, dan merasa seperti terjebak di dalam cangkang tubuhnya sendiri. Travis terus membuat kemajuan, hingga ia mampu mendapatkan kembali suara nyanyiannya bahkan tampil dalam beberapa tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement