Jumat 01 Apr 2022 19:17 WIB

Vaksin Pfizer untuk Anak Kurang Efektif Lawan Omicron, Tapi ...

AS telah izinkan vaksin Covid-19 Pfizer untuk anak berusia lima hingga 11 tahun.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer. Meski kurang efektif lawan omicron, vaksin Covid-19 Pfizer tetap dapat melindungi anak-anak dari penyakit parah akibat infeksi omicron dan delta.
Foto:

Penulis penelitian juga mengatakan bahwa pada kelompok usia 12 hingga 18 tahun, vaksinasi 92 persen efektif terhadap rawat inap varian delta, sementara efektivitasnya turun menjadi 40 persen terhadap varian omicron. Meskipun terjadi penurunan, penulis penelitian mengatakan, vaksinasi 96 persen dalam mencegah kasus penyakit parah selama periode delta dan 79 persen selama gelombang omicron.

photo
Kasus Covid-19 akibat son of omicron. - (Republika)

Vaksin saat ini, menurut peneliti, tersedia untuk anak-anak dan remaja. Hanya saja, banyak orang tua masih ragu-ragu untuk mengizinkan buah hatinya mendapatkan vaksin Covid-19.

Laporan yang mengutip data CDC yang dikumpulkan oleh American Academy of Pediatrics mengungkap bahwa pada 16 Maret, hanya 57 persen anak-anak berumur 12 hingga 17 tahun yang sudah menerima dua dosis vaksin. Sementara itu, pada kategori umur lima hingga 11 tahun, baru 27 persen yang telah menerima dua dosis vaksin.

"Kami berharap temuan kami akan membantu orang tua membuat keputusan untuk memvaksinasi anak-anak dan remaja mereka untuk melawan Covid-19. Manfaatnya jelas lebih besar daripada risikonya karena infeksi parah di masa kanak-kanak dapat memiliki konsekuensi jangka panjang," kata Randolph dalam rilisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement