Jumat 25 Mar 2022 06:53 WIB

Dua Sendok Teh Cuka Bermanfaat Bagi Pengidap Diabetes, Tapi ...

Cuka tampak turunkan sensitivitas insulin pengidap diabetes.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan kadar gula darah (ilustrasi). Studi yang dimuat di National Library of Medicine ungkap takaran cuka yang dapat menurunkan kadar GDPP secara efektif. Tes GDPP adalah tes gula darah dua jam postprandial (setelah makan).
Foto:

Kontrol gula darah

Pada orang yang sehat, kadar gula darah sebenarnya mengalami kenaikan dan penurunan sepanjang hari. Akan tetapi, fluktuasi ini menjadi lebih besar dan lebih sering pada diabetesi.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes perlu dilakukan melalui berbagai pendekatan. Salah satu di antaranya adalah pengaturan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi diri pasien.

Selain itu, penting juga bagi pasien untuk mengonsumsi obat-obat yang diresepkan oleh dokter dan melakukan kontrol ke dokter secara berkala. Beberapa obat yang dapat membantu pasien diabetes adalah insulin dan obat antidiabetes sulfonilurea.

Agar kadar gula darah lebih terkontrol, pengidap diabetes juga dianjurkan untuk rutin melakukan pengecekan gula darah secara mandiri. Pengecekan ini akan membantu diabetesi mengetahui kapan gula darah mereka dalam kondisi hiperglikemia atau hipoglikemia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement