Jumat 25 Mar 2022 00:38 WIB

Pengidap Hipertensi Rentan Alami Pusing, Mual, dan Muntah Saat Puasa, Cara Mencegahnya?

Rasa pusing, mual, dan muntah dapat ganggu kenyamanan berpuasa pengidap hipertensi.

Mengukur tekanan darah (Ilustrasi). Pengidap hipertensi disarankan untuk melakukan persiapan puasa sebelum bulan Ramadhan tiba.
Foto:

Persiapan jelang Ramadhan

Untuk menjaga tubuh tetap prima di bulan suci Ramadhan, Fitri pun menyarankan agar penderita darah tinggi atau hipertensi untuk beristirahat yang cukup. Selain itu, hindari stres dan tetap lakukan olahraga yang tidak memberatkan.

Fitri juga menyarankan para pengidap darah tinggi untuk disiplin dalam mengonsumsi obat. Mereka pun perlu menjalani pola hidup sehat.

"Kalau penderita hipertensi masih sering melonjak tekanan darahnya, kemungkinan itu disebabkan karena tidak teraturnya minum obat," kata Fitri.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Fitri mengingatkan agar penderita hipertensi berusaha menjaga tekanan darahnya. Kunci pengendalian hipertensi adalah rajin kontrol ke dokter, patuh minum obat, serta jalani pola hidup sehat.

"Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, silakan lakukan pengecekan dan konsultasi ke dokter dan mulai ubah pola hidup sehat," ujar Fitri.

Lebih lanjut, Fitri mengatakan bahwa melakukan pengendalian akan jauh lebih baik untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan akibat hipertensi. Misalnya saja serangan strok.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement