Selasa 22 Mar 2022 06:30 WIB

Vladimir Putin Disebut Alami 'Moon Face', Efek Samping Pengobatan Kanker Kolorektal?

Presiden Rusia Vladimir Putin diduga mengidap kanker kolorektal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Seorang dokter mempertanyakan wajah Putin yang tampak bengkak dan membulat lalu menghubungkannya dengan moon face. Kondisi itu bisa terkait dengan efek samping pengobatan kanker.
Foto:

Penyakit serius mungkin menjelaskan percepatan dalam permainan panjang Putin sebelumnya untuk merebut tanah Ukraina yang menurutnya seharusnya menjadi milik Rusia. Menurut The News, selama debat online dengan murid di almamaternya, Portsmouth Grammar School, pakar risiko dan mantan Laksamana Muda Chris Parry mencatat bahwa Putin telah menggunakan meja yang sangat panjang ini untuk mewawancarai orang.

"Saya pikir sistem kekebalannya mungkin tertekan saat ini. Jadi, dia adalah pria yang terburu-buru," ujarnya.

Sementara itu, sumber tak dikenal di Pentagon mengatakan kepada Daily Star bahwa analis AS telah mencapai kesimpulan serupa.

"Di masa lalu kami telah melihatnya tersenyum, tetapi pada tahun 2022 cuma sedikit foto yang memperlihatkan dia tampak bahagia. Penampilannya menunjukkan dia kesakitan dan orang-orang kami mengindikasikan ekspresi marahnya kemungkinan besar karena dia kesakitan."

Sampai saat ini, Kremlin belum mengonfirmasi rumor ini. Hanya saja, dulu Rusia pernah membantah hal serupa.

Indikasi awal bahwa Presiden Rusia mungkin tidak sehat muncul pada akhir 2020. Ketika itu, sejarawan Prof Valery Solovei yang kemudian bergabung dengan Moscow State Institute of International Relations memperdebatkan gagasan bahwa Putin mungkin menderita kanker dan penyakit Parkinson.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada Reuters pada saat itu bahwa kabar itu "tidak masuk akal". Ia memastikan bahwa "semuanya baik-baik saja dengan Putin."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement