Selasa 15 Mar 2022 00:22 WIB

Tujuh Manfaat Tidur Miring Bagi Kesehatan

Bagi yang sering mendengkur, sedang hamil, atau sinus kambuh, cobalah tidur miring.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur miring (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tidur miring (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi tidur yang tepat bisa memberikan dampak positif terhadap kesehatan. Selain itu, tidur dengan posisi pas membantu seseorang memiliki waktu tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Ada orang yang lebih suka tidur dengan posisi telentang, tengkurap, atau tidur menyamping. Masing-masing memiliki manfaat berbeda dan berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa didapat dari posisi tidur menyamping:

Baca Juga

- Mengurangi mendengkur

Pose tidur menyamping atau miring dapat mengurangi kemungkinan mendengkur. Berbeda dengan posisi telentang di mana rahang, lidah, dan jaringan lunak lainnya membebani tenggorokan sehingga mempersempit jalan napas.

Ketika orang yang biasa mendengkur menggeser posisinya dari telentang menjadi ke arah samping, dia kemungkinan besar tidak lagi mendengkur. Itu karena tenggorokan bebas dan tidak ada halangan yang membebaninya.

photo
Mengorok bukanlah tanda tidur nyenyak. - (Republika)

- Mencegah sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius. Kondisi ini berbahaya dan tidak bisa dianggap enteng, ditandai dengan mendengkur keras, pernapasan terhenti, atau terengah-engah saat tidur.

Apnea tidur dapat mengarah pada masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, penyakit jantung, dan asma. Tidur dengan posisi miring mengurangi kemungkinan seseorang mengalami apnea tidur obstruktif.

- Meredakan nyeri sinus

Tidur menyamping berguna meredakan nyeri akibat sinusitis. Sebagai tambahan tidur miring, ambil bantal ekstra untuk menopang kepala. Bisa juga dengan memeluk bantal lain untuk memberikan dukungan tambahan pada lengan.

- Membantu pencernaan

Memilih tidur dengan posisi miring dapat membantu pencernaan, tepatnya mencegah asam lambung naik sehingga menahan isi perut lebih baik. Berbaring miring juga mengurangi tekanan pada bagian kerongkongan dan tak akan mudah mulas.

- Mengurangi sakit punggung

Sakit punggung dan nyeri bahu dapat diringankan dengan tidur miring sambil menahan bantal di antara kedua kaki di sepanjang tungkai bawah. Pasalnya, saat tidur menyamping, tulang belakang ada dalam posisi melengkung alami dan lengan rileks di depan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement