Senin 14 Mar 2022 11:34 WIB

Stres Juga Bisa Pengaruhi Kondisi Fisik, Bagaimana Cara Meredakannya?

Tidak cuma pengaruhi kesehatan mental, stres juga bisa berdampak pada kondisi fisik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan dilanda stres (Ilustrasi). Bila dibiarkan berlangsung dalam jangka panjang, stres yang intens bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada berat badan, gangguan kecemasan, hingga depresi. Kenali cara mengelola stres.
Foto:

Rawat diri

Luangkan waktu untuk merawat diri sendiri, setidaknya 10 menit dalam sehari. Manfaatkan waktu ini untuk memperhatikan diri sendiri dan melakukan hal-hal yang menenangkan seperti meditasi, berjalan santai, atau mendengarkan lagu dan siaran podcast yang disukai.

Jauhi rokok dan alkohol

Sering kali, rokok, dan alkohol menjadi pelarian saat seseorang merasa stres. Meski dipandang sebagai sesuatu yang dapat meredakan stres, baik rokok maupun alkohol sebenarnya dapat memperberat stres yang dialami oleh seseorang.

Perhatian pada anak

Bukan hanya orang dewasa yang bisa merasakan stres, anak-anak pun juga. Terlebih di masa pandemi ini, anak-anak harus melalui masa tumbuh-kembangnya di situasi yang sangat menantang. Orang tua dan pengasuh anak diharapkan dapat memberikan dukungan dan menjadi support system yang baik bagi anak di masa-masa yang tidak mudah ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement