Rabu 09 Mar 2022 15:24 WIB

Skrining Kesehatan Sejak Usia 15 Tahun, Risiko Sakit Ginjal Bisa Terdeteksi Lebih Awal

Bagi yang masih sehat, skrining kesehatan perlu dilakukan setahun sekali.

Pemeriksaan kadar gula dalam darah. Masyarakat diserukan untuk melakukan skrining kesehatan rutin di Pos Binaan Terpadu untuk mendeteksi dini penyakit kronis, antara lain ginjal, hipertensi, diabetes, dan obesitas. Skrining dapat dimulai sejak usia 15 tahun.
Foto:

Selain skrining kesehatan, dr Elvieda juga menyarakan masyarakat melakukan pola hidup sehat agar tak terkena penyakit tidak menular, termasuk penyakit ginjal, diabetes, hipertensi, dan obesitas. Caranya ialah dengan melakukan diet dengan gizi seimbang untuk menurunkan risiko, melakukan aktivitas fisik dengan aman, serta menghindari merokok dan minuman beralkohol.

"Saat ini, Indonesia masih menghadapi tantangan kesehatan terkait penyakit tidak menular. Angka penyakit ini sejak tahun 2010 mulai meningkat antara lain akibat pola makan, pola asuh, pola gerak, dan pola makan seperti tinggi kalori, rendah serat, tinggi garam, tinggi gula dan tinggi lemak," kata Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr Imran Agus Nurali SpKO.

Menurut Imran, perilaku ini juga diikuti dengan gaya hidup sedenter, memilih makanan junk food atau siap saji, kurangnya aktivitas fisik, stres, dan kurangnya istirahat. Hal tersebut memicu timbulnya penyakit hipertensi, diabetes, obesitas, kanker, penyakit jantung, dan hiperkolesterol.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement