Selasa 08 Mar 2022 20:00 WIB

Sayuran yang Relatif Murah Ini Bisa Kurangi Risiko Kanker Usus Besar Hingga 50 Persen

Pola makan sehat, termasuk mengasup sayuran, dapat kurangi risiko kanker usus besar.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Sayur bayam (Ilustrasi). Makan bayam secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar.
Foto:

Bayam juga telah terbukti mencegah kanker perut, kanker mulut, dan kanker kerongkongan. Bayam juga memiliki sejumlah manfaat untuk aspek kesehatan lainnya, seperti penurunan berat badan, mengurangi gula darah, dan hipertensi.

Bayam juga mengandung nutrisi seperti vitamin C dan beta-karoten. Keduanya berfungsi sebagai perlindungan terhadap sejumlah penyakit.

"Bayam memiliki vitamin dan mineral seperti vitamin E dan magnesium yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sistem ini membuat tubuh aman dari virus dan bakteri penyebab penyakit, dan juga melindungi tubuh dari hal-hal lain yang dapat menyebabkan penyakit, seperti racun," tulis WebMD.

Meskipun bayam umumnya dianggap aman, beberapa orang mungkin perlu berhati-hati saat memakannya. Bayam mengandung oksalat dalam jumlah tinggi. Ini berarti orang dengan batu ginjal mungkin harus meminimalkan konsumsi ini.

Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah mungkin juga perlu mengatur asupan vitamin K. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan praktisi kesehatan sebelum melakukan perubahan drastis pada pola diet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement