Sabtu 26 Feb 2022 21:46 WIB

Sehatkan Mengonsumsi Makanan Beku? Ini Penjelasannya

Makanan beku seringkali menjadi andalan bagi orang-orang yang sibuk.

Rep: MGROL130/ Red: Nora Azizah
Makanan beku seringkali menjadi andalan bagi orang-orang yang sibuk.
Foto: www.freepik.com
Makanan beku seringkali menjadi andalan bagi orang-orang yang sibuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan beku mungkin berguna bagi mereka yang memiliki gaya hidup sibuk karena tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak sarapan. Di saat seseorang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan atau memasak, makanan beku bisa menjadi andalan.

Dilansir dari Healthline pada Sabtu (26/2/2022), terdapat dua makanan beku yang paling sehat dan paling umum yaitu buah-buahan dan sayuran karena penuh dengan mineral, vitamin, dan serat, serta dapat bertahan lama jika disimpan dalam keadaan beku. Faktanya, sebuah penelitian dengan nama menunjukkan bahwa buah dan sayur beku memiliki manfaat nutrisi yang sama dengan buah dan sayur segar.

Baca Juga

Buah dan sayur juga merupakan bahan yang sangat baik untuk membuat tumisan maupun smoothie segar, keduanya dapat dibuat dengan cepat, Menurut National Library of Medicine. Seandainya seseorang ingin makan malam yang praktis dan mudah, dalam hal ini, WebMD menyarankan untuk memeriksa kalori per porsi pada makanan beku dan memilih antara 300 dan 400 kalori dengan kurang dari 25 gram lemak.

Makanan siap saji memang sering kali mengoda orang-orang selepas bekerja, tetapi Healthline merekomendasikan untuk memilih roti ayam atau ikan beku sebagai alternatif yang lebih sehat dan lebih murah, serta lebih baik daripada daging merah. Keduanya merupakan sumber protein murni dengan sedikit lemak, dan cocok dengan sayuran atau nasi merah. Selain itu, pilihlah burger salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3.

Sementara itu, Eating Well mengatakan bahwa setiap orang harus memeriksa label untuk buah dan sayuran beku untuk memastikan mereka tidak menambahkan gula atau garam karena dapat membuat makanan sehat menjadi kurang bermanfaat. Sedangkan, Good Housekeeping memiliki alternatif rendah karbohidrat yang bagus, yaitu nasi kembang kol, yang dapat menjadi pengganti karena dikemas dengan serat, mineral, dan vitamin.

“Makanan beku benar-benar dapat menawarkan pilihan yang sehat untuk makanan apa pun sepanjang hari,” kata Kristen Smith, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan pencipta 360 Family Nutrition. 

Di sisi lain, WebMD merekomendasikan untuk menyimpan pilihan makan malam beku yang lebih sehat karena semuanya di bawah 300 kalori per porsi dan dapat dikonsumsi ketika hari-hari malas.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement