Kamis 11 May 2023 15:12 WIB

Lagi Hemat? Makanan Beku Ini Bisa Jadi Pilihan dan Dianggap Tetap Sehat

Banyak yang beranggapan bahwa makanan beku tidak sehat, benarkah demikian?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sayur beku (ilustrasi). Selain tetap sehat, membeli makanan beku dapat menghemat uang belanja serta mengurangi limbah makanan.
Foto: www.freepik.com
Sayur beku (ilustrasi). Selain tetap sehat, membeli makanan beku dapat menghemat uang belanja serta mengurangi limbah makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berbelanja, sebagian orang mungkin ragu untuk memilih makanan beku karena menganggapnya tidak sesehat bahan makanan segar. Padahal, makanan beku juga tetap mengandung nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Menurut laporan Tesco pada Desember 2022, makanan beku memiliki reputasi yang buruk. Sebanyak 50 persen responden berusia 18-24 tahun percaya bahwa makanan beku tidak baik. Padahal, tergantung pada jenisnya, makanan beku bisa tetap menyehatkan.

Baca Juga

Selain tetap sehat, membeli makanan beku dapat menghemat uang belanja serta mengurangi limbah makanan. Berikut enam jenis makanan beku yang bisa dimasukkan ke keranjang belanja saat membeli bahan makanan, dikutip dari laman Huffington Post, Kamis (11/5/2023):

1. Kacang polong beku

 

Kacang polong mengandung mineral ramah jantung termasuk magnesium, kalium, dan kalsium, serta kaya nutrisi antioksidan seperti vitamin C. Ada pula kandungan fitonutrien seperti karotenoid dan flavonol yang melindungi jantung dan mendukung fungsi kardiovaskular. Produk kacang polong beku tetap mengandung semua itu dan bisa diolah menjadi berbagai menu lezat.

2. Brokoli beku

Brokoli adalah sayuran serbaguna yang penuh dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, membantu sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung. Brokoli beku tidak perlu dicairkan terlebih dahulu dan hanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk memasaknya.

3. Bawang putih cincang beku

Bawang putih baik untuk kesehatan karena penuh dengan sifat antibiotik dan sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi, dan kesehatan otak. Membeli bawang putih cincang beku tidak hanya menghemat uang, tapi juga membuat kita tak perlu mengupas dan mengiris. Bawang putih tidak kehilangan seluruh rasa saat dibekukan, tetapi sebagian rasa pedasnya agak menghilang.

4. Buah beri beku

Penelitian dari South Dakota State University menemukan bahwa bluberi beku mengandung lebih banyak antioksidan, yang dapat membantu melawan penyakit, termasuk kanker. Sementara, raspberry beku merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

5. Ubi jalar beku

Ubi jalar beku cenderung lebih mahal daripada ubi jalar segar, dan membekukannya tidak membuatnya kehilangan nutrisi. Justru, ubi jalar beku memiliki lebih banyak beta karoten yang diubah menjadi vitamin A untuk kesehatan kulit dan mata.

6. Ikan beku

Ide membeli ikan beku mungkin sedikit mengherankan. Nyatanya, pembekuan tidak menghilangkan nilai gizi ikan, sehingga ikan tetap mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin seperti vitamin D dan B2. Ikan juga mengandung zat besi, seng, yodium dan magnesium. Semuanya bagus untuk kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement