Rabu 11 Jan 2023 16:20 WIB

Selain Kentang Goreng dan Sosis, Makanan Beku Apa Lagi yang Sebaiknya Dihindari?

Setidaknya ada tujuh makanan beku yang sebaiknya tak sering dikonsumsi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Kentang goreng (ilustrasi). Kentang goreng yang dijual di beragam restoran berasal dari produk kentang beku. Makanan beku seperti ini sebaiknya dihindari.
Foto: www.freepik.com
Kentang goreng (ilustrasi). Kentang goreng yang dijual di beragam restoran berasal dari produk kentang beku. Makanan beku seperti ini sebaiknya dihindari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ahli gizi Signe Svanfeldt di Lifesum mengungkapkan ada sejumlah frozen food (makanan beku) yang harus berhenti dikonsumsi karena nutrisinya sangat rendah dan memiliki kadar sodium, lemak jenuh, dan gula yang sangat tinggi. Semua kandungan itu bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe-2, dan obesitas.

Berikut tujuh jenis frozen food yang dimaksud, seperti dilansir The Sun, Rabu (11/1/2023):

Baca Juga

1. Pizza

Hidangan asal Italia ini menjadi suguhan enak di berbagai momen. Namun, ini berbeda cerita dengan pizza beku yang memiliki kerak lebih tebal dan sering diberi daging olahan di atasnya. Signe mengatakan pizza beku memiliki kadar natrium dan lemak jenuh tinggi.

"Jika dimakan dalam jumlah berlebihan bisa berpengaruh terhadap peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan obesitas," kata ahli gizi Signe Svanfeldt dari Lifesum.

2. Kue pastri

Kue pastri merupakan makanan sarapan yang lezat dan sangat cocok dihidangkan bersama secangkir teh atau kopi. Persoalannya, kue pastri biasanya memiliki lemak jenuh yang tinggi.

"Ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kaya akan gula yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2 dan obesitas," ucap dia.

3. Makanan yang digoreng

Meskipun lezat, makanan yang digoreng, terutama yang dibekukan dengan bahan pengawet tambahan, mengandung lemak jenuh dan natrium yang tinggi. Jika Anda mengonsumsi dalam jumlah besar, bisa memengaruhi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan obesitas.

4. Sosis

Sosis menjadi makanan pokok nasional di Inggris, tetapi sosis cenderung memiliki lemak jenuh dan natrium yang tinggi. Sama halnya dengan makanan yang digoreng, sosis beku bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan obesitas.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement