Jumat 25 Feb 2022 09:01 WIB

WHO Perbarui Informasi tentang Varian Omicron 'Siluman', Kenali Gejala Infeksinya

WHO sebut varian omicron 'siluman' perlu tetap diawasi oleh otoritas kesehatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. Varian omicron siluman dapat menyebabkan gejala penyakit Covid-19 yang lebih parah.
Foto:

Hingga kini, tidak ada informasi resmi mengenai gejala yang terhubung langsung ke omicron BA.2. Akan tetapi, beberapa ahli menyebutkan kemungkinan subvarian baru ini menunjukkan gejala yang tidak berbeda dengan omicron BA.1.

Berdasarkan laporan pakar dan pasien, gejala yang terkait dengan omicron asli termasuk tenggorokan gatal, sakit otot ringan, kelelahan yang luar biasa, batuk kering, dan berkeringat di malam hari. Pasien juga bisa mengalami pilek, sakit kepala, mialgia, diare, dan kehilangan selera makan.

photo
Infografis Gejala Omicron Muncul Setelah 48 Jam - (republika.co.id)

Aplikasi studi Covid-19, Zoe, menginformasikan bahwa omicron diyakini menyebabkan gejala yang berbeda dari tiga tanda klasik penyakit versi awal. Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), tiga tanda klasik Covid-19 adalah batuk, demam, serta kehilangan atau perubahan fungsi indra pengecap dan penciuman, dikutip dari laman Express.co.uk, Jumat (25/2/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement