Kamis 24 Feb 2022 06:37 WIB

Aktivitas Sehari-Hari Ini Pangkas Risiko Penyakit Jantung

Aktivitas sehari-hari di rumah bisa bantu turunkan risiko penyakit jantung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan membersihkan rumah (ilustrasi). Melakukan pekerjaan rumah selama empat jam per hari dapat memangkas risiko kematian akibat penyakit jantung.
Foto:

Para lansia perempuan yang aktif juga memiliki risiko penyakit jantung 43 persen lebih rendah. Temuan ini telah dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association.

"(Berbagai aktivitas fisik dalam keseharian) mendorong penurunan risiko penyakit kardiovaskular," jelas dr Nguyen, seperti dilansir The Sun, Kamis (24/2/2022).

National Health Service (NHS) sebenarnya merekomendasikan lansia berusia di atas 65 tahun untuk melakukan olahraga berintensitas sedang selama 2,5 jam per pekan. Olahraga ini bisa berupa berjalan kaki, aerobik air, atau tenis ganda. Namun, aktivitas fisik ringan yang dilakukan dalam waktu yang lebih lama juga dapat memberikan manfaat.

"Memahami manfaat dari gerakan fisik sehari-hari dan menambahkannya ke dalam panduan aktivitas fisik dapat mendorong orang-orang melakukan lebih banyak gerakan," ujar dr Andrea LaCroix.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement